Follow Us

Peringati Hari Backup Data, Seagate Bagikan Tips Melindungi Data

Ida Bagus Artha Kusuma - Sabtu, 30 Maret 2024 | 18:51
Seagate Ultra Touch HDD
Seagate

Seagate Ultra Touch HDD

nextren.com - Seiring dengan berjalannya waktu di era digital, kenangan berharga, dokumen penting, dan berkas digital menjadi semakin penting.

Seagate, sebagai salah satu pemain dalam solusi infrastruktur penyimpanan data massal, memperingati Hari Backup Data Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2024 dengan tema "Save Digital Memories".

Dalam rangka ini, Seagate membagikan langkah penting untuk melindungi aset digital yang berharga dari risiko kehilangan data.

Langkah Perlindungan Data Penting

Pentingnya mengatur jadwal pencadangan data secara rutin tidak dapat dipandang remeh.

Dengan melakukan pencadangan secara teratur, risiko kehilangan data akibat berbagai faktor seperti penghapusan tidak sengaja, kerusakan, atau pencurian dapat diminimalkan.

Disarankan untuk menjadwalkan pencadangan setidaknya seminggu sekali.

Selain itu, penting juga untuk menerapkan aturan 3-2-1 dalam diversifikasi sistem pencadangan data.

Aturan ini mengharuskan penyimpanan tiga versi data (asli dan dua salinan) di dua media yang berbeda, dengan satu solusi tempat penyimpanan terpisah.

Langkah berikutnya adalah memprioritaskan keamanan data cadangan dengan memastikan bahwa sistem pencadangan dilengkapi dengan perlindungan keamanan yang memadai.

Layanan pencadangan cloud juga dapat menjadi pilihan untuk menambah lapisan keamanan tambahan pada data dan mempermudah proses pemulihan.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest