Follow Us

Pernikahan Berbuah Usaha Cetak Foto dari Medsos

Fatimah Kartini Bohang - Rabu, 19 Agustus 2015 | 07:07
CEO DyCode sekaligus pendiri Jepret Story Andri Yadi
Fatimah Kartini Bohang

CEO DyCode sekaligus pendiri Jepret Story Andri Yadi

Ide dan inovasi kerap muncul kala tak sengaja dicari-cari. Hal inilah yang dialami Andri Yadi, CEO perusahaan pengembang software Dynamic Code (DyCode) sekaligus pencipta salah satu produknya, aplikasi photo sharing "Jepret".

Andri mengembangkan Jepret sejak 2012. "Intinya seperti Instagram, tapi untuk feature phone," kata Andri pada Nextren di ajang Popcon 2015 awal bulan ini.

Setelah feature phone dilengserkan dominasi smartphone, Jepret sempat mati suri. Baru menjelang pernikahannya, pada Maret 2014, Andri mendapat ide untuk kembali membangkitkan Jepret.

Pernikahan jadi usaha

Masalah acara pernikahan dan acara-acara lain selama ini, menurut Andri, adalah kesulitan melakukan dokumentasi acara dari berbagai sudut pandang.

"Kebanyakan foto pernikahan hanya mengambil potret pasangan yang menikah dan keluarga. Sementara kerumunan undangan lainnya tak terlalu terakomodasi," katanya.

Selain itu, booth foto yang tersedia kerap membuat tamu mengantre lama. Rata-rata waktu tunggu diperkirakan 15 hingga 30 menit. Belum lagi untuk mengolah foto dan mencetak.

Andri ingin memangkas keruwetan itu pada hari istimewanya, 30 Maret 2014 lalu. "Sebagai seorang geek kan pengen sewaktu nikah ada yang lucu-lucu," ia berujar.Dia pun mengembangkan layanan cetak foto bernama Jepret Cloud+Print . Para tamu undangan bisa memanfaatkannya untuk mencetak foto di acara pernikahan tanpa perlu antre panjang. Caranya cukup dengan mengunggah gambar yang diambil dengan ponsel masing-masing ke media sosial seperti Twitter, Instagram, Google Plus, dan Path, dengan disertai tagar tertentu.Semua foto bertagar akan dikumpulkan oleh layanan Jepret Cloud+Print dan dicetak secara otomatis oleh sebuah mesin bernama Allegra. Sebuah frame foto berukuran 4R bisa dicetak dalam waktu relatif singkat, hanya 8 detik saja. Mesin Allegra sendiri merupakan gabungan printer, modem, dan sebuah komputer mini Raspberry Pi yang berisi program untuk mengambil foto dari jejaring sosial dan mencetaknya. Di lain pihak, penggelar acara dapat mengumpulkan semua file digital dari foto-foto event yang diimbuhi tagar lewat Jepret Cloud, platform komputasi awan yang menjadi tulang punggung layanan-layanan Jepret.

Usai acara pernikahan, ternyata banyak tamu yang menanyakan soal "Jepret Cloud+Print". Padahal Andri tak berekspektasi apa-apa. Dari sini, benih usaha baru pun tumbuh."Wedding Organizer pernikahan saya akhirnya pakai Jepret juga buat nikahan-nikahan lain. Saya nggak menyangka ini bisa jadi sesuatu untuk dijual," katanya. DyCode kini menyediakan sewa layanan Jepret Cloud+Print lengkap dengan mesin Allegra, dua orang operator on-site, dan kertas foto dalam jumlah tak terbatas untuk individu atau perusahaan yang hendak menggelar acara. Harganya dipatok mulai Rp 4 juta per tiga jam.

Beranak tiga

Pada 19 Desember 2014, Andri meluncurkan aplikasi "Jepret Story". Tak berbeda jauh dari Jepret di feature phone, kali ini Jepret Story hadir di smartphone dengan beberapa pengembangan.

Dalam berbagai acara dan momen penting, pengguna Jepret Story bisa saling berbagi foto secara real-time dengan lebih mudah.

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest