Follow Us

Gencarkan Pembinaan Startup Muda, Kominfo Memulai Program Akselerasi Startup Studio Indonesia Batch ke-7

Wahyu Subyanto - Senin, 28 Agustus 2023 | 08:09
Founder's Camp di program Startup Studio batch7
Startup Studio

Founder's Camp di program Startup Studio batch7

Nextren.com - Untuk upaya mendampingi perjalanan startup Indonesia sejak tahap awal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hari ini resmi memulai program akselerasi Startup Studio Indonesia Batch ke-7.

Diluncurkan pertama kali pada September 2020, program Startup Studio Indonesia bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif kepada startup tahap awal (early-stage) untuk memperkuat lini produk digital, model bisnis, hingga strategi mencapai Product-Market Fit 1 (PMF).

Di batch terbaru ini, Kominfo menyeleksi 18 startup dari sektor industri yangsemakin beragam untuk mengikuti rangkaian pelatihan.

Startup Studio Indonesia merupakan solusi Kominfo untuk meningkatkan kemajuan ekonomi digital Indonesia. Pasalnya, jumlah startup yang muncul di dalam negeri terus bertambah.

Bahkan, Indonesia kini telah menduduki peringkat keenam di dunia sebagai negara dengan startup terbanyak, yaitu 2.492 (per Mei 2023).

Untuk mempertahankan momentum ini, Startup Studio Indonesia hadir sebagai program pembinaan komprehensif, dimana startup tahap awal bisa memahami seluk beluk bisnis digital dari para praktisi dan puluhan founder startup ternama di bidangnya.

Baca Juga: Endeavor Indonesia Catat Pendanaan Startup Senilai Rp 37,9 T di 2022

“Kami sangat gembira melihat antusiasme yang besar terhadap program Startup Studio Indonesia. Dari awal kemunculannya, program ini telah berkembang pesat, tidak hanya dari segi jumlah pendaftar, tapi juga dari jumlah mentor yang mencapai 110 orang, serta dampak positif yang dirasakan para alumni dan masyarakat secara meluas."

"Data kami menunjukkan bahwa para alumni Startup Studio Indonesia secara total telah mengantongi 1 Product-market fit adalah fase umum dimana perusahaan rintisan berupaya untuk mempersolid tawaran produk digitalnya, agar dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan pengguna."

"Ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri dan menjadi bukti bahwa pembinaan terhadap startup muda berperan penting untuk kemulusan perjalanan bisnis mereka kedepannya,” ungkap Bonafasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kominfo RI.

Rangkaian pelatihan yang dihadirkan oleh Startup Studio Indonesia meliputi sesi Founder’s Camp selama tiga hari mulai dari tanggal 24-26 Agustus 2023, dan 1-on-1 Coaching selama tiga bulan hingga November 2023.

Dalam sesi Founder’s Camp, 18 startup terpilih bisa mendapatkan mentoring dan brainstorming dengan para praktisi startup yang telah berpengalaman, untuk memfasilitasi transfer ilmu yang efektif.

Editor : Nextren

PROMOTED CONTENT

Latest