Follow Us

Endeavor Indonesia Catat Pendanaan Startup Senilai Rp 37,9 T di 2022

Gama Prabowo - Rabu, 15 Februari 2023 | 18:00
Logo komunitas Endeavor.
Endeavor.org

Logo komunitas Endeavor.

Nextren.com - Komunitas nirlaba global cabang Indonesia, Endeavor Indonesia baru saja merayakan ulang tahun ke-11 pada 15 Februari 2023.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Endeavor Indonesia, komunitas ini berhasil mencatat pendanaan startup senilai USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 37,9 triliun selama tahun 2022.

Besarnya pendanaan yang diterima oleh startup Indonesia ini menunjukan peningkatan ekosistem startup dalam beberapa dekade terakhir di Tanah Air.

Baca Juga: Startup Asal Israel Bikin AI Pendeteksi Teks ChatGPT, Ini Namanya

Saat ini, Indonesia merupakan negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN dengan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar USD 77 miliar.

Berdasarkan studi dari Google, ekosistem startup Indonesia telah tumbuh secara signifikan selama dekade terakhir.

Hal ini dikombinasikan dengan dukungan dari para mentor Endeavor Indonesia, yang telah mendorong komunitas dalam mengakselerasi startup.

Baca Juga: Startup Perlu Biasakan Bootstrapping di Tengah Turunnya Pendanaan Investor

Endeavor indonesia telah menciptakan 21.300 lapangan pekerjaan sepanjang tahun 2022.

Jumlah tersebut meningkat dari 17.000 pekerjaan yang diciptakan pada tahun 2021.

Ditambah lagi, Endeavor Indonesia jugamembimbing dan mendukung 86 High-Impact Entrepreneurs yang memimpin 60 perusahaan sejak tahun 2012.

Pada tahun 2022, komunitas ini telah memilih 16 Endeavor Entrepreneurs dari 9 startup, seperti Indra Gunawan dari Bobobox, Bryant Christanto dari Paxel, Dayu Dara Permata dari Pinhome dan masih banyak lagi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest