Follow Us

Heboh Video Virtex Bikin HP Lawas Tersendat, Hang dan Restart

Wahyu Subyanto - Selasa, 14 Maret 2023 | 15:32
Ilustrasi HP Android lama seperti Meizu M6 dan Xiaomi Redmi Note 5A
Nextren

Ilustrasi HP Android lama seperti Meizu M6 dan Xiaomi Redmi Note 5A

Nextren.com - Minggu pertama Maret 2023, beredar pesan di media sosial Tiktok yang memberikan informasi untuk berhati-hati terhadap jebakan video virtex whatsapp yang bisa membuat HP restart sendiri. (lihat gambar 1)

Gambar 1, Posting viral peringatan atas video virtex
vaksincom

Gambar 1, Posting viral peringatan atas video virtex

Hal ini kemudian diperparah oleh ulah iseng pengguna Whatsapp yang menjadikan video tersebut sebagai "sw" (status Whatsapp) dan ketika sw tersebut di lihat oleh temannya mengakibatkan HP lag berjam-jam sambil mengomel di Twitter.

Kedua posting tersebut kontan mendapatkan perhatian besar dari netizen dan langsung memviral dan mendapatkan lebih dari 38 ribu share dan retweet lebih dari 2.600.

Netizen tentu khawatir dengan virus aneh yang dapat menyebabkan ponsel hang dan tidak sedikit yang mengkhawatirkan terjadi aksi jahat dari "virus" tersebut seperti merusak hardware atau mencuri data dari ponsel korbannya.

Memang benar video yang disebut dengan nama "video virtex whatsapp" tersebut akan mengakibatkan lag, hang dan restart pada sebagian kecil ponsel yang membuka pesan tersebut.

Namun sebenarnya hal ini bukan disebabkan karena video tersebut mengandung kode jahat, virus atau virtex (virtual text).

Baca Juga: 3 Cara Mengamankan Data dan Privasi, Awas Banyak Bahaya Penipuan!

Adalah netizen bernama Firman Fathoni yang berbaik hati dan melakukan analisa terhadap video tersebut.

Ia menginformasikan bahwa sebenarnya yang terjadi adalah video tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga mengakibatkan height overflow pada ponsel lawas dengan spesifikasi rendah akan mengakibatkan lag, hang dan atau restart.

Namun informasi video virtex mengandung virus, kadung tersebar dan ketakutan merebak di kalangan netizen.

Netizen mengira ada virus baru dalam bentuk video sedang beredar melalui pesan Whatsapp sehingga menimbulkan kekhawatiran dalam menggunakan Whatsapp.

Halaman Selanjutnya

Apa itu Virtex
1 2 3 ... 5

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest