Follow Us

Resep Snackvideo Raih 43 Juta Pengguna Aktif Bulanan di Tahun 2022

Ida Bagus Artha Kusuma - Rabu, 08 Maret 2023 | 11:00
Teng Yee Kiong, Country Manager, SnackVideo Indonesia menjelaskan resep dibalik pencapaian 43 juta pengguna di 2022
snackvideo

Teng Yee Kiong, Country Manager, SnackVideo Indonesia menjelaskan resep dibalik pencapaian 43 juta pengguna di 2022

Nextren.com - Ipsos, perusahaan riset pasar global, telah merilis hasil riset independen melalui dokumen "Indonesia Short Video White Paper 2023".

Dalam laporan tersebut, Ipsos menyoroti cara masyarakat Indonesia mengakses media dan bagaimana platform video pendek dapat menonjol di industri tersebut.

Studi ini juga menyebutkan SnackVideo sebagai aplikasi video pendek yang telah berkembang pesat selama 3 tahun pertama sejak beroperasi di Indonesia, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 318% dan memiliki 43 juta pengguna aktif per bulan pada tahun 2022.

Menurut Teng Yee Kiong, Country Manager SnackVideo Indonesia, "Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020, SnackVideo telah diterima dengan baik oleh pasar Indonesia dan dengan cepat menjadi aplikasi Video Pendek Terbesar ke-2 di Indonesia."

"Hal ini sejalan dengan temuan Ipsos yang juga menemukan bahwa reputasi brand kami menonjol di antara aplikasi video pendek lainnya, yaitu konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari para pengguna."

Video pendek telah menjadi platform baru bagi masyarakat untuk mencari informasi dan mengonsumsi konten dengan penetrasi sebesar 70%.

Video pendek juga semakin meluas jangkauannya dan semakin sering digunakan oleh konsumen Indonesia pada beberapa tahun terakhir.

Pasar video pendek telah meledak dalam tiga tahun terakhir dengan total pengguna aktif bulanan mencapai 110 juta dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan atau Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 55%.

Alasan konsumen mengonsumsi konten video pendek adalah untuk mengisi waktu luang (56%), hiburan dan santai (53%), pengetahuan dan keahlian yang bermanfaat (41%), menjelajahi dunia (40%), berita dan informasi terkini (36%), ekspresi diri (34%), menjalin pertemanan (30%), menjembatani komunikasi (26%), berintegrasi dalam lingkungan sosial sehari-hari (25%), dan berbelanja (22%).

Pada tahun 2022, video pendek disebut akan memasuki fase diferensiasi, di mana penyedia platform mulai merangkul keunikan dan komersialisme.

Fase ini memberikan kesempatan bagi penyedia platform seperti SnackVideo untuk menunjukkan karakternya sebagai konten yang 'relevan dengan keseharianku'.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest