Nextren.com -Meta mengumumkan bahwa perusahaan menambahkan durasi Reel Facebook bisa hingga 90 detik, sebelumnya durasi Reel Facebook hanya terbatas dengan waktu 60 detik.
Hal tersebut mengikuti apa yang sudah dilakukan Instagram yang menambah durasinya menjadi 90 detik.
Tak hanya itu, Meta juga menambahkan berbagai fitur kreatif lainnya yang memungkinkan penggunanya lebih mudah mengikuti tren.
Facebook Reels mendapatkan fitur "Grooves" yang secara otomatis menyelaraskan dan menyinkronkan gerakan dalam video dengan musik yang tren.
Menyikronkan video dengan suara selama ini telah menjadi ciri khas TikTok, maka tidak heran jika Meta membawanya juga ke Reel Facebook dan Instagram.
Baca Juga: Cara Mengatasi Suara Video di Instagram Reels Error Saat Mau Upload
Namun perlu dicatat bahwa fitur ini jauh lebih dahulu 7 bulan dibawa ke Reel Instagram dibanding Reels Facebook.
Sepertinya Meta ingin melihat bagaimana fitur tersebut bekerja di Instagram Reel sebelum membawanya ke Facebook Reels.
Tak hanya fitur-fiturnya, bahkan dalam melucurkan konten video Reel tersebut Instagram jauh lebih dahulu dibandingkan dengan Facebook.
Baca Juga: Cara Mendownload Video Instagram Reels Tanpa Aplikasi, Mudah Nih!
Meski begitu tak bisa dipungkiri bahwa apa yang dilakukan Instagram dan Facebook merupakan lebih hasil adopsi dari apa yang dilakukan di TikTok lebih dahulu.
Hal tersebut memang dilakukan Meta untuk membuat platformnya beradaptasi dengan tren video pendek yang sedang banyak diminati.
Meta juga tidak salah langkah, karena konten dengan format Reels mengalami pertumbuhan dengan cepat.
Penonton Reels Facebook meningkat lebih dari dua kali lipat dari pada Instagram dalam kurun waktu setahun terakhir ini.
Tak hanya itu repost ulang Reels di Facebook juga meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding Instagram dalam kurun waktu enam bulan terakhir.
Meta berencana untuk terus meluncurkan fitur baru untuk Reels agar pembuat konten lebih mudah ditemukan.