Meta Berencana Meluncurkan Kacamata AR Pada Tahun 2027, Canggih!

Rabu, 01 Maret 2023 | 18:00
Shutterstock

Ilustrasi penggunaan headset AR/VR

Nextren.com - Meta telah membagikan peta jalan hardware augmented dan virtual reality terbarunya dan berencana akan meluncurkannya pada tahun 2027.

Walaupun Meta berencana untuk meluncurkan kacamara AR sebelum hardware augmented dan virtual reality diluncurkan, nampaknya kini perangkat-perangkat tersebut akan rilis berbarengan.

Perilisan perangkat-perangkat tersebut diyakini Mark Zuckerberg sebagai waktu yang tepat mengalahkan industi iPhone.

Perlu diketahui, Meta bukanlah satu-satunya perusahaan teknologi besar yang berencana meluncurkan kacamata dan headset AR dan VR selama beberapa tahun ke depan.

Apple juga diyakini akan meluncurkan headset AR dan VR yang rencananya akan diperkenalkan pada bulan Juni ini.

Headset AR dan VR Apple diharapkan memiliki fitur canggih seperti tampilan 4K ganda dan input bebas pengontrol, dan harganya mencapai $ 3.000.

Baca Juga: Apple Kerjakan Teknologi untuk Pengidap Penyakit Mata di Headset AR/VR

Sementara itu kacamata AR milik Meta dilaporkan akan memiliki kemampuan untuk memproyeksikan avatar sebagai hologram yang diproyeksikannya ke dunia nyata dengan kualitas tinggi.

Dengan teknologi yang canggih tersebut, diperkirakannya harga untuk perangkat tersebut tidaklah murah.

Karyawan Meta akan mendapatkan kesempatan pertama untuk menggunakan kacamata Ar tersebut untuk mengujinya pada tahun 2024.

Meta juga mengkonfirmasi bahwa perangkat AR dan VR lain yang diluncurkan sebelum kacamata AR lengkapnya juga akan siap diluncurkan.

Tak hanya itu, Meta juga berencana meluncurkan headset VR dengan nama kode "Ventura", yang ingin dijual dengan harga paling menarik di pasar konsumen VR.

Baca Juga: Update iOS 17 Kabarnya Minim Fitur Baru, Apple Alihkan Fokus ke Headset AR/VR

Setahun setelah itu, di tahun 2025, Meta berencana meluncurkan Ray-Ban Stories generasi ketiga.

Ray-ban Stories tersebut akan menampilkan teknologi "viewfinder" yang dirancang untuk melihat teks, memindai kode QR dan menerjemahkan pesan ke bahasa lain secara real time.

Bahkan dengan kacamata tersebut pengguna juga bisa mengontrol kacamata dengan gerakan tangan untuk mengetik pesan menggunakan keyboard virtual.

Untuk melengkapi perangkat kacamata tersebut Meta tengah mengembankan jam tangan pintar yang cocok dengan kacamata tersebut.

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Engadget

Baca Lainnya