Apple Kerjakan Teknologi untuk Pengidap Penyakit Mata di Headset AR/VR

Rabu, 01 Maret 2023 | 09:00
MobileSyrup

Ilustrasi headset AR/VR Apple yang dirumorkan mampu membantu orang dengan penyakit mata.

Nextren.com - Meski belum dirilis karena jadwal peluncuran yang selalumundur, rumor kegunaan dari headset AR/VR tetap hangat diperbincangkan.

Kini analis Mark Gurman mengatakna bahwa Apple kini tengah mengerjakan kemampuan baru headset AR/VR untuk membantu pengguna dengan penyakit mata. (27/2/2023)

Dalam tulisannya di buletin PowerOn, Gurman mengatakan bahwa headset ini dapat menolong penglihatan mereka menjadi lebih baik.

Sampai sekarang, Apple memang belum secara resmi mengumumkan tentang kemampuan yang sangat menarik ini.

Namun, seperti yang kita tahu bahwa perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini sangat memperhatikan aksesiblitas para pengguna perangkat-perangkat mereka.

Perangkat seperti iPhone, Mac, dan iPad kini banyak dibuat dengan dukungan ekstra untukberbagai masalah penglihatan, pendengaran, dan motorik penggunanya.

Baca Juga: Headset AR Apple Kabarnya Bisa Dikontrol dari Jari, Gak Perlu iPhone!

Sebab itu, tidak heren apabila perusahaan akan mengembangkan fitur pendukung di headset Augment Reality/Virtual Reality mereka.

Laporan ini mengatakan bahwa secara teknis, nantinyaperusahaan akan menaruh banyak kamera pada headset versi pertama mereka.

Sebagian kamera tersebuat akan digunakan untuk memetakan area yang berada disekitar pengguna.

Hal ini diperkirakan mampu menyediakan informasi visual untuk penggunayang memiliki kekurangan atau masalah penglihatan.

Layaknya asisten, perangkat ini juga akan mampu menyediakan arahan agar penggunanya mampu mendeteksi area sekitar mereka dengan baik.

Fungsi ini sangat cocok untuk mencegah mereka yang memiliki penyakit mata mengalami halangan saat berjalan.

Orang yang kesulitan melihat objekdisekitarnyajuga dapat memanfaatkan headset AR/VR ini untuk memindahkan objek tersebut di dalam headset.

Sehingga, mereka dapat dengan mudah melihat keadaan sekitat layaknya dengan streaming secara real time.

Walau selalu diundur, pelucuran Headset canggih ini dikabarkan sudah mulai menemui kepastian.

Rumor sebelumnya mengatakan bahwa headset ini akan hadir di acara WWDC 2023 yang akan diadakan Apple sekitar bulan Juni 2023.

Ini akan menjadi perangkat baru Apple yang dapat dinikmati secara komersil yang akan menyaingi headsetMetaQuest buatan Meta.

Buat kamu yang penasran dengan berita terbaru dari headset unik ini, pantau terus webstie Nextren ya!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : MacRumors

Baca Lainnya