Follow Us

Besok PeduliLindungi Akan Berganti Jadi 'SatuSehat', Ini Fungsinya!

Khoiruddin Yusup - Senin, 27 Februari 2023 | 17:00
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi yang akan berganti menjadi aplikasi SatuSehat.
SHUTTERSTOCK/FARZAND01

Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi yang akan berganti menjadi aplikasi SatuSehat.

Nextren.com - Aplikasi PeduliLindungi sudah menjadi salah satu aplikasi yang pastinya akrab ditelinga masyarakat Indonesia.

Pandemi COVID-19 membuat aplikasi ini berguna dalam memantau kemungkinan penyebaran virus dan juga untuk mempermudah proses vaksinansi.

Mulai besok Kemenkes (Kementrian Kesehatan) dikabarkan akan merubah dan mentransformasikan aplikasi ini menjadi 'SatuSehat Mobile'. (28/2/2023)

Melansir dari Kompas.com, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji meghonfirmasi kebenaran hal ini.

"Kami sedang transisi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat. Kami akan meluncurkan, mudah-mudahan, akhir 28 Februari kami akan meluncurkan menjadi Satu Sehat Mobile," ucap Setiaji.

Ia menambahkan bahwa masyarakat tidak harus menghapus aplikasi yang sudah ada setelah transformasi nama dan fungsi baru diluncurkan.

Baca Juga: 3,2 Miliar Data PeduliLindungi Diduga Bocor di Deep Web, Bjorka is Back!

Buat kamu yang belum tahu, SatuSehat adalah sebuah upaya untuk mempermudah penggunaan aplikasi kesehatan yang ada saat ini di Indonesia.

Pada bulan Juli 2022, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, meluncurkan program integrasi data rekam medis pasien ke dalam satu platform bernama SatuSehat di Indonesia Health Services (IHS).

Tujuan utamanya adalah untuk mengintegrasikan catatan medis pasien dari berbagai layanan kesehatan di Indonesia.

Contohnya seperti rumah sakit, puskesmas, laboratorium, dan apotek agar menjadi satu data yang dapat diakses dengan mudah oleh tenaga medis dan pasien.

Selain itu, aplikasi ini juga terhubung dengan apotek dan rumah sakit di berbagai daerah untuk memudahkan pasien dalam mengakses layanan kesehatan.

Source : Kompas.com

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest