Follow Us

Trafik Data XL Axiata Naik 50 Persen di Liburan Nataru 2023, Streaming dan Gaming Melonjak

Wahyu Subyanto - Rabu, 04 Januari 2023 | 18:00
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS
XL

Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS

Nextren.com - Tiap liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), aktifitas digital dan komunikasi masyarakat selalu meningkat. Perbedaannya ada di seberapa besar peningkatannya, dan di bidang apa terjadi lonjakan penggunaan.

Sepanjang Nataru 2023, lonjakan kebutuhan data pelanggan bisa dilayani operator selular XL Axiata.

Dari monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru disebut meningkat sebesar 8% dibandingkan hari normal, serta meningkat 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Persiapan IOH di Libur Tahun Baru 2023, Perkuat Jaringan Demi Konsumen

Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangannya kepada Nextren, sejak jauh hari XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023.

"Seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru ditengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun,” ujar Gede.

Selama periode liburan tersebut jaringan mereka diklaim Gede tidak mengalami gangguan yang berarti, karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.

Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

Baca Juga: Update Google Chrome Bisa Blokir Unduhan Mencurigakan, Makin Aman!

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest