Follow Us

Startup Perlu Biasakan Bootstrapping di Tengah Turunnya Pendanaan Investor

Wahyu Subyanto - Selasa, 13 Desember 2022 | 17:40
Bapak Sonny Hendra Sudaryana (Digital Startup Program Coordinator Kominfo) di acara Milestone Day Batch 5
SSI

Bapak Sonny Hendra Sudaryana (Digital Startup Program Coordinator Kominfo) di acara Milestone Day Batch 5

Nextren.com - Pada hari ini di Jakarta (13/12), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggelar acara puncak Milestone Day. Ini adalah penutup dari serangkaian program inkubasi Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 5.

Setelah menjalani lima bulan pelatihan, 15 belas startup yang terpilih dari ribuan pendaftar, berkesempatan untuk mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya selama mengikuti program SSI, di hadapan para pemangku kepentingan, seperti lembaga pemerintah dan venture capital.

Startup Studio Indonesia merupakan program dari Kominfo untuk mendampingi dan membina para startup tahap awal (early-stage) selama 15 minggu. Tujuannya agar bisa menemukan product-market fit.

Product-market fit (PMF) adalah sebuah fase umum, dimana perusahaan rintisan berupaya untuk mempersolid tawaran produk digitalnya, agar dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan pengguna.

Sejauh ini, SSI telah menuntaskan 5 batch pelatihan, dengan total 80 alumni startup berprestasi.

Baca Juga: Inilah 4 Tips Mencapai Product-Market Fit Bagi Startup B2B dan B2C dari Coach Startup Studio Indonesia

Berdasarkan data, total pendanaan yang tersalur ke startup alumni SSI Batch 1-3 hingga Mei 2022 mencapai Rp332,1 miliar. Dari setiap batch sebelumnya, 30-40% alumni telah mendapatkan pendanaan tahap awal.

“Layaknya sektor bisnis lain, lanskap ekonomi digital startup akan terus berubah. Kini, sejak tahap awal startup dituntut untuk bisa mengejar profitabilitas dan pertumbuhan yang seimbang."

"Karena itu, penting bagi para founders untuk memiliki visi jangka panjang, memaksimalkan kesempatan yang ada dan menciptakan solusi tantangan ekonomi dan sosial yang inovatif,” ungkap Koordinator Startup Digital, Sonny Hendra Sudaryana, dalam acara hari ini secara online.

Menurut Sonny, Kominfo akan selalu berkomitmen mendukung startup yang ingin menyelesaikan tantangan riil dalam masyarakat. Dukungan diberikan dalam bentuk penentuan regulasi yang tepat, pelatihan talenta digital, pembentukan komunitas, serta pemberian akses terhadap jaringan ahli startup lewat program SSI ini.

Setelah program Startup Studio Indonesia Batch 5 selesai, Kominfo masih akan terus memantau kemajuan dari masing-masing peserta melalui Program Alumni, dimana startup akan melakukan sesi coaching tambahan dan pertemuan rutin setiap bulan selama satu tahun dengan tim SSI.

Kurikulum yang dirancang pun berdasarkan kebutuhan unik startup setiap batch, agar alumni bisa mendapatkan solusi yang tepat sasaran.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest