Follow Us

Tak Pernah Beri Kode OTP ke Siapapun Tapi m-Banking Tetap Bobol? SMS to Telegram Biang Keladinya

Wahyu Subyanto - Kamis, 01 Desember 2022 | 17:48
Ilustrasi verifikasi kode One Time Password (OTP)
https://id.depositphotos.com/vector-images/otp.html

Ilustrasi verifikasi kode One Time Password (OTP)

Nextren.com - Pengguna Mobile Banking (m-Banking) seharusnya tahu kalau pengamanan m-Banking mengutamakan kemudahan di atas keamanan. Artinya kemudahan pemakaian dulu yang diutamakan, baru berikutnya keamanan.

Kemudahan pemakaian bisa dinikmati karena otorisasi transaksi hanya dilakukan mengandalkan password login dan PIN transaksi, sama sekali tidak mengandalkan OTP.

OTP hanya digunakan oleh bank, jika ada verifikasi penting seperti perpindahan ponsel m-Banking ke perangkat baru lain.

Artinya, siapapun yang bisa mengakses OTP tersebut, bisa memindahkan akun m-Banking tersebut ke ponsel lain. Lalu pelaku bisa melakukan transaksi seperti menguras dana dan mengirimkannya ke rekening penampungan yang telah dipersiapkan.

Saat ini tidak sulit membuat rekening bodong untuk menerima hasil kejahatan, karena data kependudukan Indonesia sudah bocor secara masif.

Baca Juga: Benarkah One Time Password (OTP) Jadi Solusi Hindari Kebocoran Data?

Maka data identitas bocor itu bisa disalahgunakan dengan mudah untuk membuat KTP bodong yang dipakai untuk membuka rekening penampungan hasil kejahatan.

Selain itu, metode yang kerap digunakan oleh pelaku kejahatan adalah transfer ke Virtual Account atau ke Dompet Digital. Kedua jenis penampung dana itu bisa dibuka hanya berbekal nomor ponsel prabayar, sehingga mempersulit pihak berwenang untuk melacaknya.

Nah jika pengguna m-Banking sudah mengamankan SMS dengan sangat baik dan tidak pernah tertipu memberikan SMS OTP yang dikirimkan ke ponselnya kepada siapapun, apakah ada jaminan rekening m-Bankingnya pasti aman ? (lihat gambar 1).

Gambar 1. Verifikasi OTP m-Banking
Alfons

Gambar 1. Verifikasi OTP m-Banking

Sayangnya jawabannya adalah TIDAK.

Karena masih ada aplikasi yang namanya SMS to Telegram.

Halaman Selanjutnya

Aplikasi SMS to Telegram
1 2 3 4

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest