Follow Us

Ini Kehidupan Personal paling banyak dibagikan di Instagram dan TikTok

Maulani Mulianingsih - Rabu, 30 November 2022 | 11:19
Ilustrasi Instagram dan TikTok
The Cut

Ilustrasi Instagram dan TikTok

Nextren.com - Media sosial memang kerap menjadi salah satu platform dimana penggunanya membagikan update kehidupan personalnya.

Pengguna media sosial hendak memberikan informasi kepada teman, keluarga mengenai perubahan terbaru dari dirinya.

Pengguna media sosial bisa membagikan momen kelulusannya, pernikahan, tempat kerja baru, rumah tinggal baru dan berbagai hal lainnya.

Namun tidak jarang yang membagikan konten tidak baik seperti oversharing pada anak remaja, kebiasaan diet yang toxic atau berita mengenai informasi terkini yang didapat dari media sosial.

Beberapa media sosial, salah satunya TikTok memang berkembang jauh lebih dari sekedar media sosial.

Namun mungkin kamu kerap memperhatikan perbedaan unggahan di setiap media sosial.

Cara pengguna membagikan kehidupan personalnya di Instagram tentu berbeda dengan TikTok.

Jika di Instagram membagikan hal-hal yang bisa dipamerkan, mungkin di TikTok berisikan hal-hal yang lebih lucu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dibagikan pengguna media sosial dalam unggahannya, Tim dari Confused.com baru-baru ini melakukan sebuah studi.

Confused.com melakukan studi yang lebih luas mengenai tren kehidupan di media sosial Instagram dan TikTok.

Studi tersebut dilihat dari unggahan di Instagram dan TikTok yang menggunakan tagar atau hashtag.

Penggunaan hashtag untuk memberikan konteks pada perencaan konten yang dibuat pengguna media sosial agar dapat terhubung dengan audiens.

Hal Apa yang Dibagikan Pengguna Instagram Mengenai Kehidupan Personalnya?

Terdapat 10 peristiwa dalam kehidupan pengguna yang paling banyak dibagikan di Instagram, antara lain:

  1. Pernikahan dengan 235,9 juta unggahan
  2. Ulang tahun dengan 143,8 juta unggahan
  3. Baby shower dengan 36 juta unggahan
  4. Kelulusan dengan 24 juta unggahan
  5. Pertunangan dengan 22,5 juta unggahan
  6. Kehamilan dengan 20,3 juta unggahan
  7. Rumah baru dengan 15,7 juta unggahan
  8. Promosi kenaikan jabatan dengan 15 juta unggahan
  9. Kematian dengan 11 juta unggahan
  10. Kelahiran dengan 4 juta unggahan
Dari data tersebut dapat dilihat bahwa mayorita unggahan di Instagram merupakan acara perayaan.

Hal Apa yang Dibagikan Pengguna TikTok Mengenai Kehidupan Personalnya?

Terdapat 10 peristiwa dalam kehidupan pengguna yang paling banyak dibagikan di TikTok, antara lain:

  1. Ulang tahun dengan 44, 5 milyar unggahan
  2. Kehamilan dengan 38,5 milyar unggahan
  3. Putus dari pacar dengan 22,4 milyar unggahan
  4. Kematian dengan 13,4 milyar unggahan
  5. Kelulusan dengan 12,2 milyar unggahan
  6. Mengungkapkan jenis kelamin anak dengan 11 milyar unggahan
  7. Perceraian dengan 8,4 milyar unggahan
  8. Pertunangan dengan 7,1 milyar ungghan
  9. Baby shower dengan 4,4 milyar unggahan
  10. Pemakaman denagn 3,8 milyar unggahan
Dari data tersebut mengenai unggahan yang paling banyak di TikTok sangat berbeda dengan Instagram.

Unggahan di TikTok tidak selalu mengenai acara perayaan tetapi juga ada momen yang tidak menyenangkan seperti putus dari pacar, kematian, perceraian, dan pemakaman.

Bahkan beberapa unggahan paling banyak di TikTok tersebut tidak masuk dalam 10 unggahan terbanyak di Instagram

Menarik untuk dibandingkan bahwa pernikahan merupakan unggahan paling banyak di Instagram, sedangkan unggahan mengenai putus dari pacar dan perceraian masuk dalam 10 besar unggahan terbanyak di TikTok.

Artinya kamu mungkin akan lebih banyak menemukan diskusi mengenai pernikahan di Instagram dibandingkan di TikTok.

Begitu sebaliknya kamu mungkin akan lebih banyak menemukan diskusi mengenai putus dari pacar dan perceraian di TikTok dibandingkan di Instagram.

Atau kesimpulan lain yang bisa diambil adalah orang yang telah berpisah lebih sering menggunakan TikTok dibandingkan Instagram.

Namun perlu dicatat beberapa dari tren unggahan di Instagram dan Twitter tersebut terkait dengan variasi dalam demografi audiens.

Kesimpulan diatas bisa saja salah tafsir namun dari data tersebut menarik untuk dicatat perbedaannya, dan seberapa signifikan setiap topik di Instagram dan TikTok bisa relevan.

Source : Social Media Today

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest