Follow Us

Telkomsel, Ericsson dan Qualcomm Ujicoba Koneksi 5G di Danau Toba, Speed 1 Gbps

Maulani Mulianingsih - Selasa, 29 November 2022 | 19:00
Layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Acces (FWA)
Telkomsel

Layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Acces (FWA)

Nextren.com - Telkomsel bekerjasama dengan Ericsson dan Qualcomm untuk melakukan ujicoba layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Acces (FWA).

Jika uji coba ini semakin berhasil, akan semakin menguatkan peran Telkomsel sebagai perusahaan telekomunukasi digital penyelenggara layanan 5G pertama di Indonesia.

Jika uji coba tersebut berhasil, artinya Telkomsel membuka peluang terjadi pemerataan, peningkatan dan percepatan tranformasi digital nasional.

Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat Telkomsel memang telah dipercaya di berbagai daerah untuk hadirkan koneksi internet.

Misalnya saja warga desa Selong yang akhirnya bisa nikmati sinya 4G Telkomsel, meski di daerahnya tidak memiliki listrik.

Bukan hanya di daerah terpencil keberhasilan Telkomsel juga terlihat di acara besar seperti KTT G20 di Bali yang membuat Telkomsel mendapat lonjakan trafik.

Baca Juga: Paket Telkomsel Halo+ Hadir, Lebih Fleksibel Untuk Nonton Piala Dunia

Kini Telkomsel hendak menguji coba layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Acces (FWA).

Uji coba tersebut akan dilakukan menggunakan teknologi extended range 5G dengan bandwidth 800 MHz pada frekuensi milimeter-wave (mmWave) 26GHz.

Teknologi tersebut akan memungkinkan jangkauan yang lebih luas, berkapasitas tinggi, serta kemampuan latensi yang rendah.

Saat ini teknologi tersebut penggunaan uji coba tersebut telah diizinkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Baca Juga: Cara Cek Umur kartu Telkomsel, 3, XL dan Indosat: Pakai Total Hari Sejak Diaktifkan

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest