Follow Us

Indonesia Berniat Bangun Pabrik Chip di Indonesia, Kerjasama Marvell AS

Fahmi Bagas - Rabu, 16 November 2022 | 12:07
Ilustrasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berniat bangun pabrik chip di Indonesia.
Gizchina

Ilustrasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berniat bangun pabrik chip di Indonesia.

Nextren.com - Produksi perangkat semikonduktor atau chip tengah mengalami kendala pengiriman akibat pandemi yang terjadi di seluruh dunia.

Hal itu pun berdampak pada pasokan chip ke Indonesia, yang mengakibatkan adanya kelangkaan stok pada sejumlah produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pasokan komponen chip yang terhambat juga membuat sejumlah perusahaan harus membatasi aktivitas produksi.

Dan melihat kondisi tersebut, saat ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI mengaku tengah menyiapkan langkah untuk meminimalisir adanya kelangkaan chip di Indonesia.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan kalau Kemenperin berencana untuk membangun pabrik chip di Indonesia.

Baca Juga: Bos Qualcomm Bocorkan Samsung Akan Rilis Galaxy S23 Tanpa Chip Exynos

"Kami berupaya mengurangi ketergantungan atas cip semikonduktor yang rantai pasokannya semakin sulit dan kebutuhannya makin lama makin tinggi. Sehingga, kita meski menyiapkan supply-nya," ucap Agus, dikutip dari Kompas, Rabu (16/11).

Lebih lanjut, ia pun menuturkan bahwa Kemenperin telah melakukan kolaborasi dengan seorang inovator yang mengembangkan teknologi semikonduktor yaitu Sehat Sutardja.

Sehat Sutardja sendiri diketahui menjabat sebagai Co-Founder perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat, Marvell Technology.

Dari adanya kerja sama tersebut, dilaporkan bahwa Kemenperin akan melakukan pembangunan Pusat IC Desain di Indonesia.

"Saya juga ingin kerja sama ini dapat disusun sedetail mungkin agar menjadi suatu pijakan penting bagi tumbuhnya industri semikonduktor di Indonesia," tutur Agus.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest