Nextren.com - Grab mengeluarkan survei mengenai Tren Layanan Pesan-Antar Online di Indonesia 2022.
Layanan aplikasi digital seperti Grab diketahui memang menjadi primadona saat pandemi melanda.
Dari survei yang dilakukan kepada 20.000 pengguna, 7 dari 10 responden mengatakan bahwa memesan makanan online atau belanja kebutuhan harian secara online merupakan bagian aktivitas harian.
Hal tersebut juga diakui oleh berbagai merchant, dalam survei ini menunjukan 9 dari 10 merchat mengungkapkan bahwa layanan pesanan online merupakan hal wajib bagi bisnis sekarang.
Selain itu terdapat 5 tren menarik lainnya yang ditemukan dalam survei ini.
1. Layanan pesan-antar online telah menjadi gaya hidup permanen
Dari tahun 2019-2022 rata rata jumlah uang yang dihabiskan untuk berbelanja di GrabFood meningkat 54% dengan jumlah pembelanjaan terbesar yaitu Rp 9 juta.
Angka tersebut memang sudah terlihat fantastis, namun yang lebih dari pada itu terjadi pada GrabMart yang rata rata jumlah pembelanjaan meningkat tajam 90% dibandingkan tahun 2020.
Pandemi yang semakin berangsur membaik tidak membuat orang beralih untuk membeli makanan secara offline dan hal ini sepertinya menunjukan layanan pesan antar online akan menjadi gaya hidup permanen.
2. Keluarga muda paling sering menggunakan layanan pesan-antar
Lebih dari 8 kali dalam sebulan keluarga muda dengan anak di Indonesia menggunakan layanan pesan-antar makanan.
Bahkan sebanyak 80% pasangan melakukan belanja online lebih dari 10 kali dalam sebulan.