Follow Us

Cara Aman Simpan dan Hapus File di HP, Hindari Oknum Servis HP Intip Foto

None - Selasa, 08 November 2022 | 17:00
Ilustrasi tempat servis HP
servis HP

Ilustrasi tempat servis HP

Nextren.com - Jasa servis HP memang rentan dengan penyalahgunaan isi memori HP yang sedang diservisnya.

Jika tidak amanah, mereka tentu saja dengan mudah mengintip dan membuka file-file yang tersimpan, bahkan meski sudah dihapus.

Sebuah akun baru-baru ini mengunggah tangkapan layar (screenshot) yang berisi potongan percakapan diduga oknum teknisi jasa servis HP dan laptop.

Dalam obrolan itu, beberapa oknum teknisi jasa servis ponsel mengaku mereka pernah mengintip menu galeri pelanggan tanpa sepengetahuan si pemilik.

Ulah nakal itu, menurut penuturan mereka, dilakukan setelah perangkat pelanggan selesai diperbaiki.

Baca Juga: Servis iPhone dan iPad Kini Bisa Lewat Video Call atau Dijemput, Layanan Baru Erajaya

Potongan percakapan yang diduga berasal dari sebuah forum media sosial itu sebetulnya pernah viral setelah diunggah oleh akun Twitter dengan handle @ndagels dengan narasi yang sama tahun lalu.

Bahkan, di unggahan @ndagels terdapat lebih banyak potongan percakapan oknum teknisi jasa servis HP.

Oknum teknisi ini secara terang-terangan mengaku tidak cuma iseng membuka galeri ponsel pengguna tanpa izin. Mereka juga mencuri data, terutama foto dan video dari ponsel yang diperbaiki.

Dalam percakapan tersebut, oknum teknisi mengaku bisa memulihkan data ponsel pelanggan yang sebelumnya sudah disetel (reset) ulang.

Ada pula teknisi yang mengaku mencoba menarik atau memulihkan (restore) memori ponsel pelanggan yang sudah dihapus sebelumnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest