Follow Us

Miris! Guru Jadi Profesi Paling Banyak Terjerat Pinjol Ilegal, Kenapa?

Fahmi Bagas - Senin, 17 Oktober 2022 | 11:30
Ilustrasi guru jadi profesi paling banyak terjerat pinjol ilegal.
Koleksi pribadi

Ilustrasi guru jadi profesi paling banyak terjerat pinjol ilegal.

Nextren.com - Fenomena pinjol (pinjaman online) ilegal tengah menjadi sorotan bagi pemerintah dan masyarakat di Indonesia.

Bagaimana tidak, pinjol ilegal telah menjerat masyarakat yang tergiur dengan iming-iming dana pinjaman besar dan mudah dicairkan.

Namun dibalik semua itu, pinjol ilegal juga membuat para masyarakat merasa tidak tenang karena sejumlah ancaman yang dilakukan oleh oknum penagih utang dari perusahaan peminjam.

Bahkan, dari adanya pinjol ilegal pun diketahui telah mendorong terjadinya aksi penipuan sejumlah preman berkedok perusahan fintech (financial technology) yang terjadi di sejumlah daerah.

Dan dari semua masyarakat yang terjerat dengan pinjol ilegal, dilaporkan bahwa guru adalah profesi yang paling banyak masuk di dalamnya.

Baca Juga: Jangan Panik Didatangi Debt Collector Pinjol, Pastikan Bawa Berkas Ini

42 Persen Responden Riset Adalah Guru

Dihimpun dari Kompas, Senin (17/10), lembaga riset No Limit Indonesia mengungkapkan bahwa profesi guru adalah kalangan yang terbanyak untuk menggunakan pinjol ilegal pada tahun 2021.

Hasil riset menunjukkan kalau ada sekitar 42 persen responden yang berprofesi sebagai guru, mengaku terjerat dengan pinjol ilegal.

Kemudian untuk pengguna pinjol ilegal lainnya mengaku sebagai korban PHK (21%), ibu rumah tangga (18%), karyawan (9%), pedagang (4%), pelajar (3%), tukang pangkas rambut (2%), dan driver ojol (1%).

Lantas apa alasan guru jadi profesi yang paling banyak terjebak pinjol ilegal?

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest