Follow Us

Twitter Anjurkan Pengguna Tidak Lagi Pakai Screenshot, Ini Alasannya!

Khoiruddin Yusup - Senin, 10 Oktober 2022 | 15:00
Ilustrasi dan annjuran screenshot tweet di Twitter.
The Financial Express

Ilustrasi dan annjuran screenshot tweet di Twitter.

Nextren.com - Twitter tengah jadi perbincangan karena anjuran yang mereka berikan kepada pengguna saat akan melakukan screenshot tweet. Alih-alih melarang, Twitter justru menganjurkan para penggunanya untuk membagikan tweet malaui opsi "Copy Link" dan "Share Tweet". Anjuran tersebut bertahan dalam beberapa waktu sebelum akhirnya menghilang. Namun dengan adanya anjuran yang sering muncul ini membuat banyak penggunanya merasa risih dan terganggu.

Baca Juga: Wow, Pengguna Twitter Akan Bisa Edit Tweet Mereka di Twitter BlueKonsultan media sosial dan analis industri, Matt Navarra dalam tweetnya juga mengeluhkan hal ini dengan mengatakan bawa Twitter mulai tidak ingin penggunanya melakukan screenshot. (7/10/2022)

Baca Juga: Twitter Tambahkan Fitur Baru untuk Menonton Video , Bisa Seperti TikTok

Sebenarnya opsi Share Tweet ini memiliki fungsi yang sama dengan ikon share pada tweet yang berfungsi untuk mengirim tweet lewat DM, membaginya ke orang lain, menyimpannya, dan membaginya via aplikasi lain.Sedangkan, dengan menggunakan Copy Link pengguna dapat menyalin URL tautan kepada orang lain sehingga tweet tersebut dapat diakses dengan mudah oleh pengguna lannya.

Tampilan anjuran Twitter untuk melakukan
Ars Technica

Tampilan anjuran Twitter untuk melakukan

Dilansir dari Mashable, motif twitter untuk mendorong penggunanya menggunakan dua fitur ini melainkan screenshot sangatlah wajar dan mudah dipahami. (9/10/2022)Membagikan dan menyalin link pada Twitter menghabiskan waktu yang tidak sebentar, karenanya Twitter ingin pengguna berada lebih lama di aplikasi. Hal ini dikarenakan semakin lama waktu yang pengguna habisakan di dalam aplikasi maka semakin banyak juga iklan yang ditonton oleh mereka. Dari sisi pengguna, tentunya lebih mudah memanfaatkan screenshot untuk membagikan informasi kepada mereka yang tidak menggunakan Twitter.

Baca Juga: Akun Twitter Iker Casillas Sempat Dihack, Akui Sebagai Gay?Dengan menggunakan screenshot, para pengguna juga dapat menyimpan tweet seseorang lebih lama tanpa khawatir tweet tersebut akan dihapus.Sehingga jejak digital para pengguna Twitter akan bisa diarsipkan dan abadi, tentunya hal ini diluar niatan negatif maupun posotif dari pengambilan screenshot tersebut.

Selain itu pengguna juga dapat menghindari rentetan konten tweet yang tidak seharusnya ditonton oleh penerima tautan. Langkah twitter ini tentu menambah deretan perubahan yang mereka lakukan kepada aplikasi ini dalam sebulan terakhir. Sebelumnya pengguna Twitter Blue bisa sudah bisa merasakan fitur editing tweet yang sebelumnya hanyalah sebuah mimpi untuk para penggunanya. Tak hanya itu merek juga baru-baru ini meluncurkan sebuah fitur percobaan yang bisa mengkombinasi beberapa jenis media hanya dalam satu tweet.

Baca Juga: User Twitter Bisa Bikin Foto, Video, dan GIF Dalam Satu Tweet Loh!Tentunya perubahan ini semakin membuat Twitter terlihat semakin serius dalam mengembangkan aplikasi mereka agar tidak membosankan. Namun, untuk anjuran dari twitter ini mungkin akan lebih banyak yang kurang nyaman dan meminta twitter untuk menghapusnya. Kalau menurut kalian lebih nyaman menggunakan Share Tweet dan Copy Link Twitter atau tinggal screenshot aja? Tulis komentar kalian dibawah ya sobat Nextren!Buat kalian yang penasaran dengan informasi teknologi dan tren lainnya, jangan lupa pantengin terus Nextren.com ya!(*)

Source : mashable, Twitter

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest