Follow Us

Sekutu Putin Desak Gunakan Nuklir, Setelah Ukraina Rebut Pusat Logistik Rusia

Wahyu Subyanto - Senin, 03 Oktober 2022 | 20:03
Salah satu senjata nuklir kecil Rusia, bisa membunuh 90 juta orang dalam beberapa jam
nationalinterest

Salah satu senjata nuklir kecil Rusia, bisa membunuh 90 juta orang dalam beberapa jam

Nextren.com - Ramzan Kadyrov, kepala wilayah Rusia Chechnya, mengatakan pada hari Sabtu bahwa Moskow harus mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir berdaya rendah di Ukraina, setelah kekalahan besar terbaru di medan perang.

Saat Rusia mengkonfirmasi hilangnya benteng Lyman di Ukraina timur, Kadyrov mengecam para komandan tinggi Rusia atas kegagalan mereka dan menulis di Telegram: "Menurut pendapat pribadi saya, tindakan yang lebih drastis harus diambil, hingga deklarasi darurat militer di perbatasan, wilayah dan penggunaan senjata nuklir berdaya rendah", seperti dilansir Reuters (1/10).

Kadyrov bicara sehari setelah Presiden Vladimir Putin memproklamirkan pencaplokan empat wilayah Ukraina - termasuk Donetsk, lokasi Lyman berada - dan menempatkannya di bawah perlindungan payung nuklir Rusia.

Saat itu, Putin mengatakan Moskow akan mempertahankan tanah yang telah direbutnya "dengan segenap kekuatan dan seluruh kekuatan kita".

Baca Juga: 7 Senjata Mengerikan Rusia, Bisa Bikin Tsunami Hingga Rudal Nuklir Berjangkauan 11 Ribu Mil

Rusia memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia, termasuk senjata nuklir taktis berdaya rendah yang dirancang untuk digunakan melawan tentara lawan.

Sekutu utama Putin lainnya, termasuk mantan presiden Dmitry Medvedev, telah menyarankan bahwa Rusia mungkin perlu menggunakan senjata nuklir, tetapi seruan Kadyrov adalah yang paling mendesak dan eksplisit.

Penguasa berpengaruh di wilayah Kaukasus Chechnya itu telah menjadi orang yang paling vokal di perang Ukraina, dengan pasukan Chechnya membentuk bagian dari barisan depan tentara Rusia di sana.

Kadyrov secara luas diyakini secara pribadi dekat dengan Putin, yang menunjuknya untuk memerintah Chechnya yang bergolak pada 2007.

Dalam pesannya, Kadyrov menggambarkan Kolonel Jenderal Alexander Lapin, komandan pasukan Rusia yang bertempur di Lyman, sebagai "biasa-biasa saja".

Kadyrov bahkan menyarankan agar Lapin diturunkan pangkatnya menjadi prajurit dan medalinya dilucuti.

"Karena kurangnya logistik militer dasar, hari ini kami telah meninggalkan beberapa pemukiman dan sebagian besar wilayah," katanya.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest