Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Tokopedia rayakan ulang tahun ke-13 pada (18/8), perayaan ini ungkap inovasi tokopedia yang diluncurkan dan pencapaian.
Sebetulnya ulang tahun Tokopedia jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 dan ulang tahun ini bertemakan Bersama.
Herman Widjaja, CTO of Tokopedia, mengatakan harapan kedepannya untuk Tokopedia.
Baca Juga: 5 Cara Dapat Review Bintang 5 Dari Pembeli di Tokopedia, Penting Nih!
"Kita berharap supaya Tokopedia hari demi hari, kita juga bisa berkontribusi lebih lagi untuk Indonesia, dan bersama-sama kita bisa berkolaborasi untuk pemulihan ekonomi nasional," ujar Herman dalam sambutannya.
Inovasi yang telah dihadirkan Tokopedia selama 13 tahun berjumlah cukup banyak.
Yang pertama ada teknologi geo-tagging yang dimana merupakan teknologi untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat.
Teknologi ini dimanfaatkan untuk Hyperlocal dan sidah beberapa manifestasinya seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.
Ada pula aplikasi Mitra Tokopedia untuk membantu pemilik warung menstok barang dagangan dan berjualan produk digital.
Contohnya seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS.
Herman juga menjelaskan produk lainnya yang dihadirkan Tokopedia seperti Tokopedia NOW!, Dilayani Tokopedia, dan Digitalisasi Pasar Tradisional.
Selain menjelaskan inovasitokopediaselama 13 tahun, ada juga pencapaiannya.
Tokopedia NOW! merupakan layanan yang menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
Ternyata layanan ini mengalami kenaikan jumlah transaksi sebanyak 2,5 kali lipat menurut data Tokopedia.
Selain pencapaian Tokopedia NOW!, ada juga pencapaian lain di layanan lainnya.
Baca Juga: Data Pengguna PeduliLindungi Bocor, PBHI Gugat Kementerian Kesehatan!
SepertiJumlah transaksi Dilayani Tokopedia juga meningkat lebih dari 3,5 kali lipat.
Di sisi lain, ada 10 pasar tradisional yang bergabung 13ersama Tokopedia dan akan terus bertambah.
Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lainnya sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022.
Penemuan menarik tersebut ialah pencapaian membali untuk peningkatan jumlah penjual, pembeli dan transaksi.
Uniknya semua daerah yang mengalami peningkatan berasal dari daerah Timur.
Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas.
Berlanjut, wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng.
Rata-rata peningkatan pembeli di wilayah tersebut tercatat 3,5 kali lipat.
Lalu wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang dengan rata-rata peningkatan 9 kali lipat.
Sepanjang bulan Agustus 2022, untuk merayakan ulang tahun ke-13, Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye.
Di antaranya Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130. (*)
Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Reksa Dana Pendapatan Tetap Untuk Investasi Lebih Bervariasi