Nextren.com -Berjualan online pastinya memerlukan sebuah review bintang 5 dari pembeli untuk kemajuan tokonya.
Review bintang lima dari pembeli cukup berpengaruh pada kualitas toko di setiap platform e-commerce termasuk Tokopedia.
Namun, tidak semua pembeli memberikan review bintang lima bila tidak mengikuti cara yang ditemukan oleh Nextren.
Cara dapat review bintang lima dari pembeli ini diberikan langsung oleh Tokopedia melalui Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi.
Baca Juga: Data Pengguna PeduliLindungi Bocor, PBHI Gugat Kementerian Kesehatan!
Responsif dan Komunikatif
Menurut Resti, pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab.
"Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Nextren (5/8).
Penjual online juga harus ingat untuk menyampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka.
Di Tokopedia, kalian bisa memanfaatkan fitur jadwal toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko.
Gunakan Foto dan Video yang Sesuai
Cara yang kedua ialah pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri.
Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.
Foto atau video produk yang asli cenderung lebih dipercayai pelanggan dan bisa mendapat review bintang lima.
Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Reksa Dana Pendapatan Tetap Untuk Investasi Lebih Bervariasi
Dalam mengambil foto atau video ini, Resti menjelaskan pencahayaan yang terang dan latar belakang foto yang sederhana sangat membantu untuk foto produk.
Deskripsikan Produk dengan Jelas
Penjual perlu jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan.
Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.
"Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli," jelas Resti.
Kemas Produk dengan Aman
Penjual bisa gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.
Resti mengingatkan untuk penjual memeriksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang.
Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman.
Baca Juga: Tips Meningkatkan Pola Asuh Anak Untuk Orang Tua Ala Tokopedia, Penting untuk Pondasi Hingga Dewasa
Untuk menghindari permasalahan setelah barang terkirim, penjual perlu mengingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket.
Video ini berguna sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan.
Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi
Setelah melakukan transaksi, baiknya penjual mengucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko.
Selain itu ada hal lain yang perlu dikomunikasikan lagi oleh penjual kepada pembeli.
Yaitu meminta kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan.
Bila kalian mengikuti kelima cara dari Tokopedia tersebut, bisa saja kalian mendapat review bintang lima dari pembeli.
Cara ini pun juga bisa kalian ikuti di platform e-commerce lainnya. (*)