Follow Us

Inilah Negara yang Pertama Mengakui dan Mendukung Kemerdekaan Indonesia dari Belanda

Wahyu Subyanto - Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:11
Jelang HUT RI ke-77, mari mengingat daftar negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan RI

Jelang HUT RI ke-77, mari mengingat daftar negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan RI

Nextren.com - Menyambut Hari Kemerdekaan RI, penting untuk mengetahui dan mengingat kembali negara mana saja yang pertama kali mengakui kemedekaan Indonesia. Pengakuan kemerdekaan Indonesia diawali oleh Mesir pada 22 Maret 1946, lalu diikuti lima negara lainnya. Dengan pengakuan kemerdekaan Indonesia tersebut, maka sudah memenuhi unsur deklaratif dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu ada juga unsur konstitutif yang memengaruhi, terdiri dari wilayah, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat. Meski unsur deklaratif tidak mutlak harus dipenuhi, namun penting agar tidak diasingkan dalam hubungan internasional.

Baca Juga: 5 Link Template Video Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Edit Mudah Lewat HP!Inilah daftar negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia pertama kali. 1. MesirMesir pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946, lalu menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia yang terus ditingkatkan. Pengakuan Mesir juga disampaikan Konsul Jenderal Mesir, Muhammad Abdul Mu'im, saat berkunjung ke Yogyakarta pada 13-16 Maret 1947. Tujuan Abdul Mu'im adalah untuk menyampaikan pesan dari Liga Arab yang mendukung kemerdekaan Indonesia, dengan alasan ikatan keagamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan. Liga Arab ini adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara Arab. Sebagai negara asing yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, peran Mesir ini sangat besar, karena diikuti pengakuan negara Timur Tengah lainnya seperti Suriah, Qatar, Irak, dan Arab Saudi dalam memberi dukungan atau pengakuan. 2. SuriahMeski Indonesia saat itu sudah merdeka, namun masih mengalami agresi militer Belanda. Dalam sidang PBB 1947, kondisi itu diperjuangkan Suriah sebagai salah satu anggota Liga Arab. Akhirnya agresi militer Belanda di Indonesia itu dihentikan lewat perundingan damai.

Baca Juga: Aneka Quotes Hari Kemerdekaan RI ke-77, Cocok Dijadikan Status Nih!3. LebanonSetelah Mesir dan Suriah mengakui kemerdekaan Indonesia untuk pertama kali, negara Lebanon menyusul. Lebanon memberikan pengakuan secara de jure kepada NKRI pada 29 Juli 1947. 4. Yaman Yaman memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia pada 3 Mei 1948.

Pengakuan itu dilanjutkan dengan hubungan bilateral di bidang politik, ekonomi, hingga sosial budaya, dan telah berlangsung 70 tahun. 5. Arab SaudiArab Saudi menjadi negara kelima yang mengakui kemerdekaan Indonesia, meskipun hubungan bilateral baru resmi terjalin mulai 1 Mei 1950 dan hingga sekarang. 6. Vatikan Berikutnya Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan terhadap kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 6 Juli 1947. Pengakuan itu bahkan diikuti berdirinya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vatikan di tahun yang sama. Baca Juga: 30 Link Twibbon Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-77 dan Cara Pakainya

Negara pendukung kemerdekaan IndonesiaSebelum Presiden Soekarno membacakan proklamasi pada 17 Agustus 1945, ternyata beberapa negara juga mendukung Indonesia merdeka.1. PalestinaSalah satunya adalah Palestina, yang disampaikan oleh tokoh nasionalis Palestina, Amin Al Husseini, lewat siaran radio berbahasa Arab selama dua hari beruntun dari Berlin, Jerman, pada 1944. Namun ucapan dari Amin Al Husseini itu bukan pengakuan kedaulatan secara sah, melainkan sebatas dukungan karena Indonesia belum merdeka. Saat itu, wilayah Palestina (tahun 1944) masih berada di bawah pemerintahan Inggris atau Britania Raya (1920-1948). 2. India Setelah Palestina, India menyusul memberi dukungan kemerdekaan Indonesia berkat diplomasi beras oleh Sutan Sjahrir pada 1946. Saat itu Indonesia mengirim bantuan 500.000 ton besar ke India yang sedang mengalami krisis pangan akibat penjajahan Inggris.

Baca Juga: Cara Ikut Upacara 17 Agustus di Istana, Buruan Daftar Kuota Max 2000 Orang3. AustraliaNegara tetangga kita yakni Australia, juga menyusul memberi pengakuan kemerdekaan Indonesia, lewat peristiwa Black Armada pada 24 September 1945. Saat itu kapal-kapal milik Belanda di Pelabuhan Brisbane, Sydney, Melbourne, dan Fremantle, diboikot besar-besaran oleh Australia. Kapal-kapal tersebut membawa persenjataan milik Belanda menuju Indonesia. Akibat boikot itu, akhirnya 400 armada kapal Belanda tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Indonesia. Selain enam negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia dan tiga negara pendukung, akhirnya Indonesia juga mendapat dukungan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk merdeka.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest