Follow Us

OPPO Kenalkan Chip NPU MariSilicon X Untuk Perkuat Kamera Reno8

Ida Bagus Artha Kusuma - Rabu, 27 Juli 2022 | 11:30
Chip MariSilicon X yang akan dipasangkan pada varian tertinggi OPPO Reno8
Bagus

Chip MariSilicon X yang akan dipasangkan pada varian tertinggi OPPO Reno8

Nextren.com - Melalui cara Reno Portrait Workshop (26/7), OPPO Indonesia memperkenalkan MariSilicon X sebagai chip NPU di perangkat Reno series berikutnya.

Chip NPU yang dikembangkan oleh OPPO ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk memproses pengambilan citra baik foto maupun video dari sebuah perangkat smartphone.

Marisilicon X ini akan hadir di perangkat smartphone OPPO Reno8 series yang akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.

“MariSilicon X merupakan jawaban OPPO atas persepsi perbedaan hasil dan kualitas antara perangkat smartphone OPPO ketika menggunakan NPU yang berbeda-beda dari produsen chipset.

Proses menghasilkan sebuah gambar dari perangkat smartphone acap kali menimbulkan permasalahan konsumsi daya.

Oleh karena itu, NPU MariSilicon X diciptakan untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan. Tidak hanya itu, NPU ini hadir untuk memberikan peningkatan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Apa itu Marisilicon X & Keunggulannya

NPU atau Neural Processing Unit MariSilicon X adalah chip khusus untuk melakukan pemrosesan gambar yang ditangkap oleh kamera smartphone OPPO.

Pada umumnya, NPU smartphone sudah ada di dalam chip SoC yang digunakan smartphone baik dari Qualcomm dengan ISP Spectra atau dari mediatek, bersama dengan CPU dan GPU.

Baca Juga: OPPO Reno8 Kepergok di Sertifikasi Postel, Siap Rilis di Indonesia?

Teknologi ini menggunakan sistem shared DDR Bandwidth yang sebenarnya cukup boros karena saling berbagi pengiriman data dengan GPU dan CPU yang membuat proses pengolahan gambar berlangsung lebih lama.

Sedangkan NPU Marisilicon X menggunakan Extra DDR Bandwidth Dedicated yang memiliki kecepatan transmisi data hingga 8.5 GB/s, sehingga membuat pemrosesan gambar jadi lebih cepat dan menggunakan daya yang lebih hemat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest