Follow Us

Jenderal Tertinggi AS Peringatkan Indonesia Tentang Ancaman Militer China di Indo-Pasifik

Gama Prabowo - Senin, 25 Juli 2022 | 10:00
Jenderal Tertinggi AS, Mark Milley berjabat tangan dengan Panglima TNI Andika Perkasa di Mabes TNI, Jakarta, Minggu (24/7)
AP

Jenderal Tertinggi AS, Mark Milley berjabat tangan dengan Panglima TNI Andika Perkasa di Mabes TNI, Jakarta, Minggu (24/7)

Nextren.com - Mark Milley sebagai jenderal tertinggi AS peringatkan Indonesia tentang ancaman militer China.

Jenderal tertinggi AS peringatkan Indonesia bahwa ancaman militer China di kawasan Indo-pasifik lebih agresif dan berbahaya selama 5 tahun terakhir.

Jenderal tertinggi AS peringatkan Indonesia secara langsung tentang ancaman militer China tersebut, dalam kunjungannya ke Markas Besar TNI di Jakarta.

Mark Milley berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian perjalanannya ke Indo-Pasifik pada Minggu (24/7).

Mark Milley, yang juga merupakan ketua Kepala Staf Gabungan AS, mengatakan jumlah penyadapan oleh pesawat dan kapal China di kawasan Pasifik telah meningkat signifikan dalam 5 tahun terakhir.

Baca Juga: Kepala CIA Bocorkan Rencana China Invasi Taiwan, Bakal Cepat dan Mematikan!

Militer China juga disebut sebagai ancaman besar di udara dan di laut Indo-Pasifik.

"Pesannya adalah militer China, di udara dan di laut, telah menjadi jauh lebih agresif dan terasa lebih agresif di wilayah tertentu ini," ujar Mark Milley seperti dikutip dari AP.

Peringatan Mark Milley terhadap agresifitas China merupakan salah satu upaya AS untuk menjalin kedekatan dengan negara-negara kawasan Indo-Pasifik.

AS nampak ingin tetap memiliki pengaruh yang kuat dan datang sebagai kekuatan penyeimbang China di kawasan Indo-Pasifik.

Perwira tertinggi AS tersebut juga diketahui telah meminta stafnya mengumpulkan rincian interaksi China, AS, dan lainnya di wilayah Pasifik.

Sayangnya, Milley menolak mengungkapkan jumlah dari interaksi militer China yang tidak aman dengan pesawat dan kapal AS dan sekutu.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest