Follow Us

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

None - Jumat, 09 Juni 2023 | 15:05
Ilustrasi aplikasi WhatsApp
Flickr

Ilustrasi aplikasi WhatsApp

Nextren.com - Apa yang kamu lakukan jika aplikasi WhatsApp error, tak bisa mengirim pesan dan dipakai chating? Tentu repot bukan?

Ya, sebagai aplikasi pesan instan yang sering digunakan, aplikasi WhatsApp tentu tidak terlepas dari berbagai gangguan atau error yang cukup mengganggu penggunanya. Salah satunya adalah pesan yang tidak dapat terkirim ke pengguna lain.

Penyebab WhatsApp tidak dapat mengirim pesan umumnya dikarenakan cache yang menumpuk, versi WhatsApp yang terlalu lama, atau bahkan aplikasi WhatsApp yang sedang down atau gangguan.

Lantas bagaimana agar WhatsApp dapat berjalan normal kembali?

Untuk selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum beberapa penyebab WhatsApp tidak dapat mengirim pesan dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara Mengirim Pesan WhatsApp yang Otomatis Terhapus, Penting Jika Isi Chat Sensitif dan Takut Terbongkar!

1. Aplikasi tidak diperbarui

Umumnya WhatsApp akan meluncurkan beberapa pembaruan untuk aplikasinya di iOS dan Android. Namun pembaruan tersebut berjalan tergantung pada ponsel masing-masing pengguna apakah memperbarui secara otomatis atau manual.

Jika pembaruan dilakukan secara manual biasanya beberapa pengguna akan terlupa atau mengabaikan notifikasi pembaruan. Hal ini yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak berjalan dengan lancar dan menimbulkan beragam masalah. Salah satunya tidak dapat mengirim pesan.

Adapun cara mengatasinya tentu pengguna diharuskan untuk segera melakukan pembaruan aplikasi di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Nonaktifkan penghemat data

Salah satu penyebab aplikasi WhatsApp tidak dapat mengirim pesan, bisa jadi karena pengguna sedang mengaktifkan penghemat data.

Mode penghemat data yang aktif di ponsel Android atau iPhone menjadi penyebab aplikasi WhatsApp tidak berjalan dengan normal salah satunya pengguna yang tidak dapat mengirim pesan.

Cara mengatasinya adalah pengguna harus menonaktifkan mode hemat data agar dapat mengirimkan pesan kembali.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest