Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Meta Indonesia kemarin (5/4) secara offline di kawasan Jakarta Selatan mengumumkan kampanye terbarunya di bulan Ramadan.
Kampanye global Ramadan ini bernama #BulanKebaikan yang penuh dengan inovasi terbaru dari Meta.
Salah satunya ialah dengan mengajak dua kreator Spark AR untuk membuat efek AR di Facebook dan Instagram.
Baca Juga: GoTo Jadi 100 Perusahaan Paling Berpengaruh di 2022, Susul Apple dan Meta!
"Meta kembali menghadirkan kampanye global #BulanKebaikan untuk mengangkat cerita dan inspirasi dari komunitas, kreator, dan pelaku UKM Muslim yang memanfaatkan teknologi kami untuk berbuat baik dan menyebarkan kebaikan," ujar Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia.
Tidak hanya bekerjasama dengan kreator Spark AR Indonesia, namun selebriti dan kreator konten Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dan kreator asal Dubai, Amr Masko juga diajak.
Madebyhumans dan Filterqu yang merupakan kreator AR dipasangkan dengan konten kreator yang lain.
Seperti Madebyhumans yang berkolaborasi dengan kreator asal Dubai, Amr Masko.
Lalu Filterqu dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Prosesnya terbilang cukup cepat dalam membuat efek AR.
Michael Andrian Sahono, kreator Madebyhumans ditugaskan membuat World AR dengan Amr Masko dalam waktu dua minggu saja.
Amr Masko yang kebetulan memiliki pengetahuan arsitektur memberi masukan sehingga terbuatlah efek AmrRamadan.
Sedangkan, Ellen Livia, kreator Filterqu juga memiliki jangka waktu penyelesaian yang sama.
Mengerjakan Face AR tidak terlalu membuat Ellen khawatir memikirkan ide karena melihat figur yang berkolaborasi dengannya.
Baca Juga: Induk Facebook Bayar Agensi Digital Untuk Mencoreng Citra TikTok, Tuduh Ancaman Bagi Anak-anak
Raffi Ahmad yang suka bermain game menginspirasi Ellen untuk membuat efek AR game interaktif.
Dengan pilihan karakter Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, nantinya pengguna Instagram dan Facebook perlu menggerakan karakter dengan wajah.
Karena bila tidak digerakan karakter akan terkena batu dan skor pun terhenti alias gugur.
Efek AR bernama RANSmadan ini memperlihatkan karakter untuk memakan makanan yang relate dengan bulan Ramadan.
Kalian bisa menemukan kedua efek AR di Facebook dan Instagram. Selain berkolaborasi dengan kreator, Meta juga membuat beberapa segmen acara di Facebook Gaming.
Facebook Gaming, bersama dengan MainGames Indonesia, akan menghadirkan Ramabar Series.
Ini merupakan sebuah rangkaian acara yang terdiri dari talkshow, mabar, dan masak bareng, yang akan dimulai 8 April 2021, hingga menjelang akhir Ramadan nanti.
Ramabar akan dilaksanakan bersama sebelas kreator Facebook Gaming, Ustad Maulana, Ustad Syam, dan Chef Olivia Tommy.
Mereka akan membahas topik dan inspirasi baik seputar Ramadan, serta menemukan hal baik untuk kebersamaan selama Ramadan.
Baca Juga: Asyik! Pengguna Instagram Bisa Saling Berbagi Klip Lagu via Pesan DM
Contohnya seperti rekomendasi makanan berbuka puasa dan resep makanan sehat untuk dinikmati di Ramadan ini.
"Kami terus berupaya menyediakan cara-cara baru bagi mereka untuk saling terhubung dan menjadi bagian dalam perjalanan kami dalam membangun untuk metaverse," ungkap Pieter. (*)