Follow Us

Beginilah Daya Rusak Nuklir Milik Rusia dan 8 Negara Lainnya

None - Senin, 07 Maret 2022 | 22:14
Ilustrasi bom nuklir B61-12 milik NATO
nationalinterest

Ilustrasi bom nuklir B61-12 milik NATO

Nextren.com - Senjata nuklir memiliki reputasi buruk di dunia, dan sejarah mencatat kedahsyatannya di kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Namun masih ada beberapa negara di dunia yang menyimpan senjata nuklirnya.

Di tengah serbuan ke Ukraina, Presiden Vladimir Putin telah menempatkan pasukan nuklir Rusia dalam siaga "khusus", sehingga meningkatkan kekhawatiran di seluruh dunia.

Tetapi para analis berpendapat tindakan Putin semestinya ditafsirkan sebagai peringatan kepada negara-negara lain agar tidak lebih banyak terlibat di Ukraina, dibandingkan menafsirkannya sebagai tanda bahwa Putin ingin menggunakan senjata nuklir.

Senjata nuklir telah ada selama hampir 80 tahun.

Banyak negara menempatkan senjata nuklir sebagai deterensi atau strategi pencegahan demi menjamin keamanan nasional mereka.

Berapa banyak senjata nuklir yang dimiliki Rusia?

Jumlah senjata nuklir yang disajikan dalam tulisan ini adalah perkiraan.

Tetapi menurut Federasi Ilmuwan Amerika, Rusia memiliki 5.977 hulu ledak nuklir, meskipun angka ini termasuk sekitar 1.500 hulu ledak yang sudah dipensiunkan dan akan dibongkar.

Hulu ledak nuklir sendiri adalah perangkat yang memicu ledakan nuklir.

Dari sekitar 4.500 sisanya, mayoritas diperkirakan berupa senjata nuklir strategis seperti rudal balistik atau roket yang bisa menargetkan sasaran dari jarak jauh.

Inilah senjata-senjata yang biasanya dikaitkan dengan perang nuklir.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest