Follow Us

Tutup Gerakan Menuju Smart City 2021, Tekankan Pentingnya Pengembangan Kota Cerdas

Tim Konten - Jumat, 17 Desember 2021 | 17:45
Peluncuran Virtual Exhibition Gerakan Menuju Smart City oleh Menteri Kemenkominfo Johnny G Plate
Dok. Kemenkominfo

Peluncuran Virtual Exhibition Gerakan Menuju Smart City oleh Menteri Kemenkominfo Johnny G Plate

Nextren.com - Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) secara resmi menutup Gerakan Menuju Smart City 2021, Selasa (14/12/2021). Acara penutupan dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Gerakan Menuju Smart City merupakan program tahunan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) yang dimulai sejak 2017.

Melalui gerakan tersebut, kota/kabupaten terpilih akan dibimbing untuk menyusun rencana induk (masterplan) pembangunan kota berbasis inovasi dan teknologi (smart city).

Tahun ini, Gerakan Menuju Smart City 2021 melibatkan kota/kabupaten di sekitar 10 destinasi wisata prioritas dan ibu kota negara baru.

Secara total ada 70 kota/kabupaten yang ikut serta dalam program tahun ini. Sebanyak 48 kota/kabupaten juga berkesempatan untuk mendapat bimbingan teknis dari pakar.

Penutupan Gerakan Menuju Smart City 2021 dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Pada kesempatan tersebut, Menkominfo menyampaikan pentingnya pengembangan smart city di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Jawab Tantangan Kependudukan dan Pariwisata, Kemenkominfo Galakkan Pembangunan Berbasis Smart City

Pendekatan smart city, menurutnya, dapat menjadi jawaban akan tantangan dalam hal kependudukan yang terus berkembang.

“Sebanyak 82,37 persen penduduk akan tinggal di kota pada 2045. Artinya, kebutuhan internet di wilayah itu pun terus meningkat. Untuk itu, pengembangan smart city menjadi urgensi untuk masa depan,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan pentingnya pendekatan smart city sebagai solusi bagi pemulihan ekonomi di sektor pariwisata, maka dari itu sistem smart city diperluas untuk menjangkau destinasi pariwisata prioritas (DPP).

Sebagai informasi, 70 kota/kabupaten yang dibina dalam Gerakan Menuju Smart City 2021 berlokasi di sekitar 10 destinasi pariwisata prioritas yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta ibu kota negara yang baru di Kalimantan.

Kesepuluh destinasi wisata prioritas yang dimaksud adalah Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Pulau Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Wakatobi di Sulawesi Selatan.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest