Follow Us

Strategi Sejumlah Wilayah Promosikan Potensi Wisata dengan Pendekatan Smart City

Tim Konten - Selasa, 14 Desember 2021 | 10:55
Penyelenggaraan Solo International Performing Arts (SIPA).
Dok. Pemerintah Kota Surakarta

Penyelenggaraan Solo International Performing Arts (SIPA).

Nextren.comGerakan Menuju Smart City 2021 yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuahkan hasil positif. Hal itu dibuktikan melalui sejumlah wilayah smart city yang mulai menerapkan strategi untuk mempromosikan potensi wisata daerah masing-masing.

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City adalah program yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2017. Program tersebut bertujuan untuk membimbing kota dan kabupaten dalam menyusun pembangunan berbasis smart city.

Strategi penerapan pembangunan berbasis smart city untuk mempromosikan potensi wisata sudah dapat dilihat di calon ibu kota negara (IKN) baru, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Setelah menegaskan posisinya sebagai kota jasa, perdagangan, dan penghasil minyak, pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan kini mulai melakukan pembenahan di sektor pariwisata.

Baca Juga: Bantu Pembangunan Ibukota Baru, Qlue Bangun Ibukota Smart City

Pembenahan tersebut diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Adapun langkah pertama yang dilakukan Kota Balikpapan adalah meluncurkan logo kota yang baru pada 2020.

Logo baru tersebut tidak hanya menjadi identitas baru, tetapi juga penegasan citra Balikpapan yang dapat menumbuhkan ketertarikan masyarakat di seluruh Indonesia untuk berkunjung.

Agar kehadiran logo baru Balikpapan semakin dekat dengan masyarakat, Pemkot Balikpapan menyematkan logo baru itu di hampir seluruh tempat umum, seperti lokasi wisata, sarana dan prasarana wisata, bus pariwisata, dan suvenir.

Tidak hanya itu, infrastruktur transportasi di Balikpapan juga dibenahi. Saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan tidak perlu bingung apabila ingin berkeliling kota karena sudah banyak transportasi umum yang tersedia.

Baca Juga: Percepat Pemerataan Kawasan Wisata di Tanah Air, Gerakan Menuju Smart City 2021 Dukung Destinasi Pariwisata Prioritas

Untuk diketahui, Pemkot Balikpapan menyediakan bus Balikpapan City Tour yang dapat mengantar wisatawan keliling ke titik-titik pemberhentian yang jadi daya tarik kota. Misalnya saja, Kawasan Niaga Klandasan, Stadion Batakan, dan Pantai Manggar Segara Sari.

Standar fasilitas bagi wisatawan di setiap destinasi juga telah ditingkatkan. Pelaku usaha wisata dibina agar dapat memiliki keterampilan hospitality yang lebih baik.

Editor : Wahyu Subyanto

Latest