Follow Us

Konsolidasi Operator Songsong Cerahnya Bisnis IoT (Internet of Things)

Wahyu Subyanto - Rabu, 03 November 2021 | 20:54
Ilustrasi IoT
computerworld

Ilustrasi IoT

Nextren.com — Industri telekomunikasi global kini sedang dilanda tren baru yaitu IoT (Internet of Things), sebagai pengembangan dari penyediaan infrastruktur internet yang dibangun makin luas dan merata.

Apalagi disadari bisnis data sudah mulai jenuh ditambah begitu besarnya investasi yang harus dikeluarkan oleh operator agar bisa terus melayani pelanggan dengan baik.

Maka industri telekomunikasi kini gencar bersiap menyambut era IoT (Internet of Things) terutama untuk kalangan bisnis dan perusahaan.

Apalagi disadari atau tidak, selama ini kehidupan harian manusia sangat terbantu oleh kehadiran IoT (Internet of Things).

Mulai dari hal sederhana seperti smart watch, toko online, smart home hingga hal yang lebih komplek seperti sistem perbankan atau industri manufaktur yang menggunakan robot.

Baca Juga: Adopsi Teknologi IoT, Sewa Mobil Online di rentalQ Diklaim Lebih Aman

Tapi apa sebenarnya IoT itu?

Bila mengacu pada International Telecomunication Union (ITU-TY.2060), pengertian IoT adalah sebuah infrastruktur global bagi masyarakat yang memungkinkan layanan canggih dapat terhubung secara fisik dan virtual menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Ini dapat diibaratkan sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berbagai macam hal.

Jadi, IoT dapat menghubungkan berbagai perangkat dan sistem melalui jaringan internet.

Dalam hal ini jaringan internet adalah salah satu faktor kunci.

Sebenarnya terdapat 4 layer yang mendasari IoT, yakni perangkat sensor, jaringan dan gateway, platform (perangkat manajemen, keamanan, analitik, dll), serta aplikasi dan solusi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest