Follow Us

Cara Antisipasi Kalau Facebook, Instagram dan WhatsApp Down Lagi

None - Sabtu, 09 Oktober 2021 | 20:25
Ilustrasi aplikasi WhatsApp
Nextren

Ilustrasi aplikasi WhatsApp

Nextren.com - Betapa tergantungnya kita semua pada media sosial terbesar Facebook, WhatsApp, dan Instagram, terlihat saat ketiganya down minggu lalu.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Facebook, WhatsApp, dan Instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia.

Menurut data statista per September 2021, total pengguna gabungan dari ketiga layanan milik Facebook Inc. itu tercatat mencapai 6,23 miliar pengguna.

Tak heran, saat layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down selama berjam-jam, membuat pengguna global ikut kalang kabut.

Baca Juga: WhatsApp Hadirkan Enkripsi End-to-end di Fitur Backup, Apa Fungsinya?

Netizen dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia, pun mengeluhkan tak bisa melakukan login, berkirim pesan, mengunggah status, dan sebagainya di tiga layanan Facebook Inc. itu.

Padahal, banyak pengguna yang bergantung dengan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk berkomunikasi, berjualan, mencari hiburan, dan bekerja.

Maka di saat layanan ketiganya tumbang, tak berlebihan rasanya bila mengatakan bahwa akan ada banyak aktivitas pengguna yang juga akan ikut terganggu bahkan terhenti.

Lantas,apa yang dapat dilakukan pengguna di kala media sosial populer seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengalami gangguan?

Yuk simak tips dari para pengamat tentang hal ini, di halaman berikutnya.

Menjawab hal ini, Pengamat Gadget Lucky Sebastian mengungkapkan, sebenarnya tidak ada hal yang bisa dilakukan pengguna ketika layanan Facebook dkk. sedang down kemarin.

Sebab, gangguan yang terjadi awal pekan ini murni berasal dari kesalahan Facebook.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest