Follow Us

WD My Book Live Sempat di Serang Malware, Ternyata ini Penyebabnya!

Martinus Aditama - Selasa, 31 Agustus 2021 | 21:00
Ilustrasi perangkat Hardisk Eksternal WD My Book Live
YouTube/Sam Tech

Ilustrasi perangkat Hardisk Eksternal WD My Book Live

Nextren.com - Beberapa waktu yang lalu, banyak pengguna harddisk eksternal WD My Book Live melaporkan bahwa perangkat mereka disusupi oleh malware.

Malware tersebut membuat data-data dari pengguna harddisk My Book Live menjadi terhapus dan terkena Factory Reset.

Selain seri WD My Book Live, seri WD My Book Live Duo juga disusupi oleh malware serupa.

Baca Juga: Data Bisa Hilang di Harddisk WD My Book Live, Segera Copot Internet!

WD My Book Live dan WD My Book Live Duo sendiri bisa terkena malware lantaran hardisk eksternal tersebut tersambung ke internet lewat ethernet.

Awalnya, tujuan dari dua perangkat tersebut tersambung ke internet agar pengguna bisa mengakses data-data didalamnya dari manapun dan kapanpun secara wireless.

Namun teryata, hal tersebut justrus menimbulkan celah keamanan sehingga WD My Book Live dan WD My Book Live Duo bisa disusupi oleh malware.

Western Digital selaku pihak yang memproduksi dua perangkat tersebut telah melakukan investigasi atas kasus yang serangan malware tersebut.

Lalu, bagaimana hasil investigasi dari Western Digital? Yuk lanjut di halaman kedua.

Hasil investigasi dari Western Digital menemukan sebuah fakta bahwa firmware dari WD My Book Live dan WD My Book Live Duo memiliki sebuah kelemahan.

Kelemahan tersebut ada pada akses perangkat secara remote, yang mana dengan adanya hal itu perangkat menjadi lebih mudah diretas dan disusupi oleh malware.

Ketika perangkat sudah berhasil disusupi, maka malware akan bekerja dengan mereset serta menghapus semua data yang ada disana.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest