Nextren.com – Di tengah makin maraknya digitalisasi di Indonesia, makin terbuka peluang untuk bisnis periklanan digital.
Potensi besar itu dilirik Telkomsel, dengan menggelar DigiHackAction, sebuah lomba solusi dan aplikasi periklanan digital yang bisa diterapkan untuk ratusan juta pengguna internet di Indonesia.
Kini rangkaian program DigiHackAction yang telah digelar Telkomsel resmi mencapai puncaknya .
Hal itu ditandai dengan berlangsungnya Demo Day, di mana 10 finalis mempresentasikan langsung ide-ide terbaik mereka di depan para dewan juri secara virtual, Senin (30/8).
Baca Juga: Gara-gara Video Call ke Keluarga, Messi Malah Jadi Bintang Iklan WA!
Demo Day ini sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan program Adtech dan Martech Hackathon pertama di Indonesia ini dengan diumumkannya tiga pemenang utama.
Menurut SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel Ronny W. Sugiadha dalam acara DigiHackAction hari ini (30/8), mengatakan, “Sampainya kita pada tahap ini merupakan momentum dalam memperkuat peran Telkomsel sebagai society enabler."
Hal itu diharapkan mampu membuka peluang lebih luas bagi talenta digital di seluruh Indonesia untuk lebih berkembang lewat solusi teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi pelaku bisnis di Indonesia, khususnya UMKM.
"Semoga DigiHackAction dapat lebih banyak menciptakan beragam inovasi dalam solusi dan ide bisnis yang lebih customer-centric," ujar Ronny.
Karena hal itu bisa memenuhi berbagai kebutuhan digital marketing di Indonesia, sehingga akan berkontribusi pada kemajuan industri digital advertising di Indonesia.
Tingginya antusias talenta digital Tanah Air untuk mengasah kemampuan sudah terlihat sejak dibukanya pendaftaran DigiHackAction yang berlangsung selama Juni hingga Juli 2021.
DigiHackAction yang mengusung tema "The 1st Adtech and Martech Hackathon in Indonesia" pada tahun ini menerima sebanyak 300 ide.
Ratusan ide tersebut datang dari para peserta dengan berbagai latar belakang yang di antaranya 68% tim independen, 24% startup, 27% pengembang, dan 11% perusahaan digital.
Baca Juga: Apple Rilis Iklan Night Mode Selfie iPhone 12, Sindir Samsung?
Berdasarkan jumlah ide yang masuk, 46% di antaranya memilih tema Advertising and Marketing Direct Solution, 28% memilih Digital Advertising Product, dan 26% memilih Advertising and Marketing Support Solution.
Ratusan ide tersebut kemudian dikurasi hingga tersaring 137 ide (Top 100) yang diumumkan pada 14 Agustus 2021.
Para juri kemudian mulai mengambil alih peran dalam mengkurasi ide-ide tersebut untuk dipilih menjadi 10 ide terbaik (Top 10) untuk dipresentasikan pada Demo Day yang diumumkan pada 26 Agustus 2021 lalu.
Demo Day pada program Telkomsel DigiAds bersama Telkomsel Innovation Center (TINC) dan DailySocial ini merupakan acara pamungkas yang dinanti, baik oleh para finalis maupun dewan juri.
Pada kesempatan ini, setiap finalis akan mempresentasikan berbagai ide inovatif dan revolusioner yang telah diformulasikan kepada dewan juri dalam waktu dibatasi.
Tujuannya agar dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para finalis menunjukkan profesionalitasnya dalam menjabarkan berbagai ide secara singkat dan impresif kepada dewan juri.
Seluruh ide yang masuk dan lolos sampai ke Demo Day telah melewati berbagai tahapan penilaian, yang dinilai oleh dewan juri Amir Karimuddin (Head of Editorial & Research of DailySocial), Olga Elisa (Founder of ALEGA), dan Rama Mamuaya (Founder & CEO of DailySocial).
Begitu juga dalam penentuan tiga pemenang, dewan juri yang memberikan penilaian berasal dari pihak Telkomsel yang terdiri dari Ronny W Sugiadha (SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel), Andi Kristianto (Pj. SVP Corporate Strategy and Strategic Investment Telkomsel), Jockie Haresoen (VP Business Development Telkomsel), Iwan Pujo Satoto (GM Data Solutions Service Management and Delivery Telkomsel), Indra Mardiatna (VP Technology Strategy Telkomsel), dan Mahmud Saladin (VP Strategy and Explorative Partnership Telkomsel).
Baca Juga: Rencana Twitter Akan Hadirkan Iklan di Fitur Fleets, Untuk Apa?
Selain itu, terdapat dewan juri dari pihak eksternal yang merupakan para ahli dan praktisi industri digital yang turut memberikan penilaian pada Demo Day, di antaranya Winston Utomo (Founder dan CEO of IDN Media), Samira Shihab (CEO Stellar Women & Co-Founder of Tinkerlust), dan Bayu Asmara (Managing Director of DKK Consulting).
Dewan juri menentukan ide-ide yang layak lolos sampai di tahap Top 10 berdasarkan kriteria umum dan khusus.
Kriteria umum yang dimaksud terdiri dari impresi, kesulitan teknologi, dan orientasi pasar.
Sementara kriteria khusus meliputi kemampuan kerja tim dan kualitas presentasi, penyelesaian masalah, kelayakan produk dan fitur atau kemudahan penggunaan, adopsi teknologi dan pengembangan sinergis, serta potensi bisnis.
Sementara itu, untuk di Demo Day para pemenang dipilih berdasarkan aspek kelayakan rancangan dalam pemanfaatan aset Telkomsel Digiads dan seberapa baik proporsi nilai untuk pengembangan bisnis ke depan.
Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan melalui penilaian yang objektif, maka dewan juri pun memilih pemenang utama DigiHackAction sebagai berikut :
Juara 1. Cek Toko Sebelah App dengan ide Real Time Product Comparison.Juara 2. TIM Deadliner dengan ide Comment Robot MarketingJuara 3. StoriAI dengan ide AI Assistant for Persuasive Writing
Para pemenang utama DigiHackAction tersebut berhak mendapatkan hadiah dan membuka peluang kolaborasi dengan Telkomsel DigiAds dalam tahapan proses inkubasi dan akselerasi selanjutnya.
Solusi Real Time Product Comparison milik Cek Toko Sebelah App memungkinkan pengguna untuk dapat membandingkan harga produk dari setiap platform e-commerce (Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia).
Baca Juga: TikTok Beri Kemudahan UMKM Untuk Iklan di Platform, Bisa Collabs Lho!
Sementara itu, melalui alat marketing bernama Comment Robot Marketing, Tim Deadliner ingin memudahkan para UMKM dapat memaksimalkan merk dan memasarkan produk mereka melalui komentar di media sosial menggunakan teknologi Natural Language Processing Artificial Intelligence.
Tak ketinggalan, StoriAI sendiri menawarkan solusi yang diberi nama AI Assistant for Persuasive Writing agar pengguna dapat menciptakan iklan yang menarik, konten tulisan, caption media sosial dan deskripsi di e-commerce tanpa memerlukan keahliah copywriting.
“Selamat kepada Cek Toko Sebelah App, TIM Deadliner, dan StoriAI atas semua ide inovatif dan revolusioner untuk menghadirkan lebih banyak solusi digital masa depan di sektor digital marketing dan digital advertising yang telah dicurahkan melalui DigiHackAction.
Menurut Ronny, DigiHackAction juga membuat unit bisnis Telkomsel DigiAds terbuka akan hadirnya lebih banyak talenta berdedikasi dengan solusi terbaik berbasis customer and market centric, untuk dapat dikembangkan menjadi aset dan engine baru.
"Hal ini sekaligus menjadi salah satu upaya Telkomsel dalam memperkuat digital trifecta yang meliputi Digital Connectivity, Digital Service, dan Digital Platform,” ujar Ronny.