Follow Us

Jangan Hapus Recent Apps di HP, Malah Bikin Boros Baterai Loh!

Wahyu Subyanto - Sabtu, 26 Juni 2021 | 20:30
Tampilan recent Apps di HP Android
Greenbot

Tampilan recent Apps di HP Android

Nextren.com - Menghapus 'recent apps' terbaru ternyata tidak akan menghemat masa pakai baterai Anda, baik di Android atau iPhone. Tapi tips ini mungkin bisa membantu.

Setelah memakai menggunakan smartphone atau tablet beberapa lama, kamu mungkin melihat 'recent apps' terbaru yang bertambah panjang.

'Recent apps' adalah daftar aplikasi yang sedang dalam posisi terbuka dan aktif di background, karena dilakukan secara multitasking.

Misalnya kamu membuka WhatsApp untuk membalas chat, lalu browsing membaca berita onlien, dan membaca postingan teman di Instagram atau Facebook.

Baca Juga: Fitur Reels Instagram Tidak Muncul, Cukup Lakukan Dua Langkah ini!

Mungkin kamu akan berpikir bahwa dengan menutup 'recent apps' yang berjalan di latar belakang tersebut, akan bisa menghemat masa pakai baterai HP yang sedang dipakai, tetapi ternyata tidak.

Di OS Google Android dan iOS Apple, daftar recent apps ini berada dalam status jeda (pause) di memori RAM HP, dan hal itu membuat aplikasi tersebut bisa terbuka dengan cepat.

Jika kamu menutupnya satu persatu, maka kamu akan menghapusnya dari memori RAM.

Hal itu akan memaksa tiap aplikasi itu untuk dimuat ulang dari awal saat kamu membukanya lagi.

Simak 2 cara mudah untuk menghemat baterai smartphone kamu, dari menu yang ada. Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Proses membuka ulang dari awal ini, sebenarnya dapat menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai, tergantung seberapa berat aplikasinya.

Jadi daripada menutup aplikasi, padahal kamu berencana membukanya lagi, maka ada dua cara yang lebih baik untuk menghemat masa pakai baterai HP kamu.

Halaman Selanjutnya

1. Kurangi notifikasi
1 2 3

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest