Fitur Reels Instagram Tidak Muncul, Cukup Lakukan Dua Langkah ini!

Jumat, 16 Juni 2023 | 12:40
Pixabay

Ilustrasi fitur Reels Instagram

Nextren.com - Fitur Reels Instagram tidak muncul menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengguna media sosial populer ini.

Tidak terkecuali di Indonesia, yang mana banyak pengguna Instagram di tanah air melaporkan bahwa fitur baru ini masih belum muncul di smartphone mereka.

Sebagaimana diketahui, Instagram memang baru saja secara resmi meluncurkan fitur Reels untuk pengguna di Indonesia pada tanggal 23 Juni 2021.

Peluncuran fitur Reels ini sendiriberbarengan dengan fitur Instagram Music yang juga resmi tersedia di Indonesia.

Guna mengatasi permasalahan fitur Reels Instagram tidak muncul di ponsel pintar, kali ini tim Nextren akanmembagikan tips yang totalnya ada dua.

Dua tips ini tim Nextren dapatkan dari pengalaman pribadi serta riset di berbagai macam sumber, baik sumber dari dalam maupun luar negeri.

Lalu,bagaimana cara pertama untuk mengatasi permasalahan fitur Reels Instagram tidak muncul? Yuk simak informasi lengkapnya di halaman berikutnya.

Install Ulang Instagram

Dari beberapa laporan yang tim Nextren dapatkan, cara ini cukup ampuh untuk membantumengatasi permasalahanfitur Reels Instagram tidak muncul.

Cara untuk menginstall ulang Instagram cukup mudah, yaitu dengan masuk ke PlayStore atau App Store, lalu pilih opsi Uninstall.

Selain lewat kedua platform tersebut, pengguna juga dapat melakukan proses Uninstall secara manual di bagian pengaturan smartphone.

Baca Juga: Instagram Bisa Jadi Aplikasi Penghasil Uang Baru Lewat Fitur Reels

Nextren.com
Martin

Ilustrasi aplikasi Instagram di PlayStore

Sesudah di Uninstall, tunggu beberapa saat sebelum menginstall aplikasi Instagram lagilewatPlayStore atau App Store.

Ketika sudah di Install, maka pengguna akan mendapati fitur Instagram yang serupa dengan TikTok ini sudah muncul di smartphone.

Meskipun begitu, beberapa pengguna Instagram masih melaporkan bahwa cara ini tidak berhasil dan tetap saja fitur Reels Instagram tidak muncul.

Lalu, bagaimana cara kedua untuk mengatasi permasalahanfitur Reels Instagram tidak muncul? Yuk lanjut di halaman berikutnya untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Laporkan Permasalahan ini ke Instagram

Berdasarkan pengalaman pribadi tim Nextren, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalahfitur Reels Instagram tidak muncul.

Untuk melaporkan masalah ini ke pihak Instagram, pengguna cukup masuk ke bagian menu Settings/Pengaturan.

Setelah itu, pilih opsi Help/Bantuan untuk melaporkan permasalahan tersebut ke Instagram.

Baca Juga: Akhirnya Fitur Instagram Music Hadir di Indonesia, iOS Saja?

Selepas opsi Help/Bantuan di tekan, berikutnya pengguna harus menekan pilihan Report a Problem/Laporkan masalah.

Tulis permasalahan yang dialami, yakni fitur Reels Instagram tidak muncul.

Disarankan penulisan menggunakan bahasa Inggris serta menyertakan screenshot akun Instagram yang tidak ada Reelsnya guna mempercepat respon dari Instagram.

Nextren.com
Martin

Melaporkan masalah fitur Reels Instagram tidak muncul melalui opsi Report a Problem/Laporkan Masalah

Lalu, berapa lama Instagram akan menanggapi laporan permasalahan ini? Yuk simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Dari riset yang dilakukan tim Nextren, paling tidak diperlukan waktu 2-3 hari bagi Instagram untuk merespon laporan permasalahan Reels Instagram tidak muncul.

Namun dari pengalaman pribadi tim Nextren, Instagram akan langsung merespon permasalahan tersebut dan fitur Reels akan langsung muncul di smartphone hanya dalam kurun waktu 1x24 jam.

Jika kedua cara tersebut sudah dilakukan tapi fitur Reels tetap tidak muncul, maka hal tersebut berarti smartphone pengguna tidakmendukung fitur Reels.

Baca Juga: Instagram Ketahuan Kembangkan Stories Digulir Vertikal Seperti TikTok

Cara untuk mengetahui support fitur Reels di ponsel pintar cukup dengan memastikan bahwa smartphone dapat menginstall versi terbaru dari Instagram.

Smartphone yang dapat menginstall versi terbaru Instagram artinya sudah mendukung fitur ini.

Sedangkan yang tidak dapat menginstall versi anyar Instagram berarti smartphone tidak mendukung penggunaan fitur Reels.

Jadi, itulah beberapa informasi menarik terkait dua cara mengatasi permasalahan fitur Reels Instagram tidak muncul.

Kedepannya, tentunya semua pihak berharap fitur Reels dapat tersedia secara merata untuk semua penggunanya, sehingga tidak akan ada lagi permasalahan fitur Reels Instagram tidak muncul. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya