Follow Us

Trafik Data XL Axiata Naik 35% Saat Lebaran Tanpa Mudik, Game Naik 142%

Wahyu Subyanto - Selasa, 18 Mei 2021 | 16:26
 Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa sedang memantau jaringan saat lebaran 2021
XL Axiata

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa sedang memantau jaringan saat lebaran 2021

Nextren.com - Tradisi mudik merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar tercinta di kampung halaman kembali harus ditunda tahun ini, seiring adanya larangan mudik dari pemerintah, yang bertujuan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

Alhasil, aktifitas masyarakat beralih ke ke layanan digital, seperti untuk bersilaturahmi dengan sahabat dan keluarga, hingga mengisi waktu selama libur lebaran tanpa bisa bepergian.

Trafik penggunaan layanan XL Axiata tercatat meningkat selama masyarakat Indonesia memasuki periode bulan suci Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, mencatat terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 35% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 15% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Baca Juga: 3 Keuntungan GoTo Untuk Konsumen, Lowongan Kerja dan Peluang Driver

Meskipun ada larangan mudik, trafik di kota-kota yang biasanya menjadi tujuan utama mudik tetap meningkat. Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangannya kepada Nextren (18/5), mengatakan, bahwa pola konsumsi masyarakat atas layanan telekomunikasi dan data selama periode liburan Idul Fitri tahun ini kembali dipengaruhi oleh adanya larangan mudik dan berbagai pembatasan mobilitas di tingkat lokal.

Adapun eforia masyarakat dalam merayakan Lebaran dan mengisi liburan dengan melakukan perjalanan wisata juga tidak terlalu besar.

Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kenaikan trafik yang masih tidak setinggi saat masa sebelum pandemi dan mudik lebaran masih belum dilarang.

"Kami bersyukur bisa melayani kebutuhan masyarakat untuk merayakan Lebaran tahun ini dengan lancar, hampir tanpa ada gangguan yang berarti,” ujar Gede. Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 85%, disusul oleh social network sebesar 8%.

Baca Juga: Nasib Driver Gojek Kini Setelah Menjadi GoTo, Bonus Bertambah?

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest