Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Kehadiran GoTo menjadi sebuah kabar yang cukup mencengangkan karena tergabungnya dua perusahaan startup besar Indonesia antara Gojek dan Tokopedia.
Sejak peresmian pada hari Senin (17/5) kemarin, petinggi GoTo mengungkapkan bahwa akan ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen dan mitra driver.
Lantas bagaimana nasib driver Gojek sekarang setelah ada GoTo? Akankah ada bonus yang bertambah?
Merujuk pada pernyataan CEO GoTo, Andre Soelistyo dikatakan bahwa GoTo akan menjadi sebuah platform ekosistem layanan yang terbesar di Indonesia.
"Didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan makin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan," kata Andre.
Dalam peryataannya juga disebutkan kalau mitra driver Gojek akan bisa menerima orderan untuk kirim pesanan yang dilakukan di Tokopedia.
Mendalami hal tersebut, Nextren pun telah mewawancara salah satu mitra driver Gojek yang beroperasi di wilayah Depok.
Dalam sambungan telepon, Dani sebagai mitra driver berharap besar dengan adanya GoTo sebagai platform yang tertintegrasi dengan Gojek dan Tokopedia.
Baca Juga: Ini Prediksi Nasib OVO Setelah Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Jadi GoTo
Ia menyebutkan bahwa keinginan tersebut melihat pada penurunan jumlah pesanan yang terjadi selama satu tahun ke belakang.
Lalu hal lain yang diharapkan oleh mitra terkait nasib driver Gojek sekarang adalah bonus yang mungkin bisa lebih besar.
"Harapan saya kalau memang tarif per antarnya tidak bisa naik, setidaknya bonus tetap keluar setiap harinya," ungkapnya.
Baca Juga: 3 Keuntungan GoTo Untuk Konsumen, Lowongan Kerja dan Peluang Driver
Kehadiran kompetitor yang saat ini memberikan tawaran harga lebih tinggi untuk mitra driver pun juga menjadi sesuatu yang dikhawatirkan oleh driver Gojek.
Sejauh ini Dani mengaku bahwa sistem bonus untuk mitra driver Gojek masih belum berubah dari sebelumnya.
"Kalau memang belum berubah, mungkin karena baru merger," ucap Dani.
"Tapi kalau memang ke depannya tidak berubah, kita hanya bisa terima," terangnya.
Jadi apa yang dilihat dari wawancara yang dilakukan oleh Nextren kali ini menyimpulkan bahwa mitra driver berkeinginan untuk adanya peningkatan jumlah harga yang sepadan.
Baca Juga: Siapa Pemimpin Tokopedia dan Gojek Setelah Ada GoTo? Ini Jawabannya
Selain itu, sistem bonus di GoTo juga diharapkan dapat memperbaiki nasib driver Gojek ke depannya.
Mari kita lihat saja update sistem bonus yang akan dilakukan GoTo untuk para driver Gojek.
Mungkin hal ini akan baru dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.
(*)