Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Persiapan Jaringan XL Axiata di Libur Lebaran, Trafik Akan Naik 20 Persen

Wahyu Subyanto - Jumat, 07 Mei 2021 | 14:31
Ilustrasi teknisi sedang merawat BTS XL Axiata
XL

Ilustrasi teknisi sedang merawat BTS XL Axiata

Nextren.com - Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi, dan akhirnya hari raya yang ditunggu-tunggu segera tiba, yaitu lebaran.

Meski tahun ini larangan mudik makin ketat, namun seperti biasa silaturahmi akan tetap terjaga, hanya bentuknya yang berbeda yaitu lewat virtual.

Tak heran jika trafik data perkiraan data akan melonjak tinggi, seiring silaturahmi virtual menggunakan beragam aplikasi digital.

Operator seluler segera menyambut lonjakan trafik data tersebut, termasuk XL Axiata yang telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang Lebaran tahun ini.

Dalam masa liburan sekira satu pekan tersebut, XL Axiata telah melakukan persiapan jaringan meliputi antara lain meningkatkan kapasitas hingga 2x dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata.

Baca Juga: Prediksi Telkomsel Saat Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Trafik Data Naik 8,54 Persen

Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

Selain itu, skenario rekayasa jaringan juga telah disiapkan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk kebutuhan Lebaran ini. Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu.

"Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20% di layanan data. Layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi."

"Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili.” Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

Selanjutnya, tim juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah.

Baca Juga: Sambut Kenaikan Trafik Lebaran, Indosat Tambah Kapasitas Jaringan 4G

Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan di sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera, bandar udara, terminal bus antarkota, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta. Selain itu, kualitas jaringan di semua wilayah layanan tetap dipastikan, termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik.

Meskipun kemungkinan tidak akan seramai saat lebaran sebelum pandemi, namun tetap dilakukan antisipasi agar setiap kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tetap terpenuhi secara maksimal.

Bahkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik tetap disiapkan manakala terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana alam atau juga karena factor teknis, yang berpotensi menyebabkan terputusnya jaringan.

Untuk itu, tim kami di lapangan akan stanby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,” tambah Gede. Pada tahun lalu, libur Lebaran telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan, yaitu rata-rata meningkat sekitar 25%.

Baca Juga: Smartfren Perkuat Sinyal Untuk Hadapi Trafik Lebaran, Tempat Wisata Aman

Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan instant messaging, video call atau video conference, social network service, dan streaming (gim, video, musik, film). Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 56,02 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 147 ribu BTS, termasuk lebih dari 57 ribu BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/ kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. Investasi juga terus berjalan untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x