Nextren.com – Operator seluler Indosat Ooredoo melanjutkan kemitraannya dengan Ericsson untuk mempercepat digitalisasi operasional jaringannya.
Indosat Ooredoo telah menerapkan kerangka solusi Ericsson Operations Engine (EOE) yang menggabungkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan pembelajaran mesin (Machine Learning/ML).
Fungsinya untuk memantau dan menyesuaikan parameter jaringan sehingga dapat mengoptimalkan kinerja jaringan radio 4G-nya yang berkualitas video.
Penerapan awal solusi EOE memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman koneksi data terbaik bagi pelanggannya.
Baca Juga: Apple Music Segera Hadirkan Audio Kualitas HiFi, Apa Untungnya?
Penerapan kerangka solusi EOE merupakan upaya untuk mendigitalisasi operasional jaringannya yang akan meningkatkan ketahanan jaringan, pemantauan otomatis, dan pemulihan jaringan otomatis.
Dengan digitalisasi, mereka mampu menghadirkan response time terbaik untuk penyampaian layanan bagi pelanggan korporasi.
Solusi EOE juga akan memperkuat komitmen dalam melaksanakan praktik dan efisiensi bisnis berkelanjutan, lewat penerapan perangkat AI/ML untuk mengoptimalkan konsumsi energi di seluruh jaringannya.
Penerapan perangkat berbasis AI mampu meningkatkan efisiensi spektrum untuk pemanfaatan aset yang lebih baik, memastikan pelanggan akan selalu menerima layanan yang baik, dan memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pemegang saham perusahaan.
Medhat Elhusseiny, Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo, Indonesia, mengatakan, “Tahun 2021 merupakan titik perubahan bagi transformasi Indosat Ooredoo menjadi perusahaan yang sepenuhnya digital."
Di antara banyak inisiatif, Indosat bermitra dengan Ericsson untuk memanfaatkan kemampuan otomatisasi dan analitis yang ditawarkan oleh kerangka solusi Ericsson Operations Engine berbasis AI / ML untuk menerapkan pemeliharaan prediktif guna meningkatkan kinerja dan ketahanan mereka.
Indosat memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengelola kompleksitas jaringan yang berkembang, mendorong efisiensi, dan yang terpenting meningkatkan pengalaman pelanggannya. Solusi AI tertanam di seluruh operasi perusahaan, dibangun oleh orang-orang dan mitra yang ahli di bidang AI dan telekomunikasi dengan pola pikir yang mengutamakan AI.