Follow Us

Kinerja Q1 2021 XL Axiata: Trafik Naik 40 Persen, Laba Rp 321 Miliar

Wahyu Subyanto - Selasa, 27 April 2021 | 17:47
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS
XL Axiata

Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS

Nextren.com - Hari ini (27/4), operator seluler XL Axiata merilis data kinerja Q1 2021.

Mereka mampu mempertahankan kinerja positif di tengah kompetisi industri telekomunikasi yang ketat dan kondisi ekonomi yang masih berat karena pandemi Covid-19.

Di kuartal pertama 2021, Laba XL Axiata sebesar Rp 321 miliar.

Tingkat profitabilitas berhasil dipertahankan, dengan marjin EBITDA sebesar 50%. CEO XL Axiata Dian Siswarni merasa bersyukur tetap mampu tumbuh positif meskipun kompetisi industri telekomunikasi berlangsung ketat, dengan daya beli masyarakat yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Xiaomi Hadirkan Diskon Sambut Gajian, Dari POCO X3 Hingga Redmi 9T

Upaya peningkatkan efisiensi bisnis terus diupayakan, selain peluncuran produk-produk sesuai kebutuhan pelanggan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data analytics.

Tujuannya upaya upselling melalui saluran penjualan omni channel bisa dilakukan dengan tepat. Beban operasional XL Axiata di kuartal pertama 2021 menurun sebesar 6% YoY.

Hal itu antara lain didorong oleh berkurangnya Interkoneksi dan beban langsung lainnya sebesar -28% YoY.

Ini terutama berasal dari interkoneksi yang lebih rendah akibat penurunan lalu lintas layanan legacy (SMS dan voice).

Bagaimana dengan biaya-biaya lain? Yuk simak di halaman berikutnya.

Sementara biaya tenaga kerja menurun sebesar -23% YoY karena revisi provisi remunerasi dan biaya infrastruktur juga turun sebesar 11% YoY akibat sewa menara yang lebih rendah.

Lain halnya dengan beban biaya pemasaran yang meningkat 16% YoY karena adanya peningkatan biaya komisi. Di kuartal pertama 2021, juga tercatat peningkatan kontribusi pendapatan data terhadap pendapatan layanan (service revenue) menjadi 94%, dengan penetrasi smartphone menjadi 90%, yang merupakan tertinggi di industri.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest