Follow Us

Inilah Isi Dokumen Rahasia Facebook yang Merugikan Publik Figur!

Martinus Aditama - Kamis, 25 Maret 2021 | 17:30
Ilustrasi Facebook
istockphoto.com

Ilustrasi Facebook

Nextren.com - Baru-baru ini, beredar sebuah dokumen rahasia dari raksasa media sosial, Facebook yang disebut kurang berpihak kepada publik figur.

Dalam dokumen yang sebenarnya bersifat internal tersebut, dijelaskan bahwa aturan terbaru Facebook terkait perlindungan pengguna terhadap ujaran kebencian tidak berlaku bagi publik figur.

Sementara itu, dokumen ini sendiri berhasil dibocorkan oleh seorang informan yang tidak disebutkan namanya dan pertama kali di publikasikan melalui portal berita populer, The Guardian.

Baca Juga: Facebook Hapus 1,3 Miliar Akun Palsu Selama Tiga Bulan Terakhir

Dalam dokumen tersebut, disebut bahwa nantinya, salah satu poin dari aturan terbaru Facebook ini mengizinkan pengguna untuk dapat melontarkan hujatan kepada publik figur dalam situasi tertentu.

Bahkan, pengguna dapat memposting ujaran kematian kepada publik figur selama mereka tidak menyebut nama publik figur tersebut secara eksplisit dan tidak menandai akun publik figur terkait.

Jika nantinya ada pengguna yang menyebut maupun menandai akun publik figur secara langsung, Facebook akan langsung menghapus postingan maupun komentar sang pengguna.

Selain itu, dalam dokumen tersebut juga dijelaskan mengapa aturan terbaru Facebook ini kurang memiliki toleransi kepada publik figur.

Lalu, apa alasan yang diberikan Facebook dalam dokumen tersebut? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Dalam dokumen tersebut, Facebook menyebutkan bahwa mereka memiliki alasan kuat mengapa aturan terbaru initidak terlalu melindungi Publik Figur.

Menurut Facebook, mereka menginkan adanya diskusi terbuka yang dilakukan oleh pengguna Facebook.

Lebih lanjut, Facebook menganggap bahwa kalimat bernada negatif kepada publik figur termasuk kedalam salah satu bentuk diskusi terbuka tersebut.

Source : Apple Insider

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest