Follow Us

China Coba Kembangkan Jaringan 6G, Dua Perusahaan IT Ini yang Membantu

Fahmi Bagas - Selasa, 23 Februari 2021 | 14:00
Jaringan 6G

Jaringan 6G

Nextren.com - Belum selesai penyebaran teknologi jaringan 5G di seluruh dunia, China dirumorkan sudah tancap gas untuk tahap selanjutnya.

Setelah menjadi yang pertama membawa jaringan 5G pada tahun 2019 dan diklaim sebagai pangsa pasar terbesar pengguna 5G saat ini, China nampaknya tidak ingin tidak tinggal diam.

Negeri tirai bambu tersebut dirumorkan sedang berupaya untuk melanjutkan posisinya yang terdepan pada pembuatan jaringan 6G, dilansir dari Gizchina (23/2).

Desas-desus mengenai pengembangan jaringan terbaru ini pun bukan yang pertama kalinya terjadi.

Baca Juga: Huawei Prediksi dan Harapkan Jaringan 5G di Indonesia Hadir Tahun 2021

Pertengahan tahun lalu juga sempat beredar informasi terkait rencana China tersebut.

Dalam sebuah artikel berjudul "Jika 6G Akan Digunakan di Medan Tempur Masa Depan", yang diterbitkan pada tanggal 13 April 2020, disebutkan bahwa teknologi 6G memiliki keunggulan yang berbeda dan potensi yang kaya untuk aplikasi militer, jika dibandingkan dengan 5G.

"Jika teknologi 6G diperkenalkan ke militer, itu pasti akan berdampak besar pada kegiatan militer, seperti pembentukan perang, pengembangan peralatan, dan komunikasi medan perang," tulis artikel itu.

Kali ini pun kabar lanjutan membocorkan bahwa ada dua perusahaan telekomunikasi yang akan membantu Pemerintah China untuk mewujudkan jaringan 6G.

Dilansir dari Gizchina, Huawei dikatakan bakal jadi perusahaan pertama yang bakal mencoba untuk membuat jaringan 6G pertama kali.

Pasalnya perusahaan teknologi ini merupakan salah satu yang terdepan dalam urusan perluasan jaringan 5G di seluruh dunia.

Baca Juga: Jaringan 5G Beda Dengan 4G, Butuh Sharing Spektrum Secara Nasional

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest