Nextren.com -Clubhouse masih terus menjadi buah bibir masyarakat dunia sampai detik ini.
Semakin hari, semakin banyak pengguna baru yang muncul dan ikut ke dalam euforia Clubhouse.
Kepopuleran Clubhouse tentu menjadi peringatan tersendiri bagi para pesaingnya.
Baca Juga: Clubhouse Jadi Trending, Bagaimana dengan Sistem Keamanannya?
Mereka harus berinovasi agar tak kehilangan pengguna yang beralih ke Clubhouse karena fitur segar yang ditawarkan.
Seperti Twitter misalnya, platform tersebut dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru dalam beberapa waktu terakhir.
Mengusung nama Spaces, fitur baru ini disebut-sebut memiliki kesamaan dengan Clubhouse.
Baca Juga: Cara Menggunakan Clubhouse, Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio
Bahkan, kabarnya Twitter bergerak cepat untuk mengembangkan fitur tersebut agar bisa segera dirilis.
Lantas, seperti apa mekanisme fitur Spaces Twitter?
Serta bagaimana perkembangannya hingga saat ini? Simak selengkapnya di halaman berikut ya!
Spaces merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berada di satu ruangan atau grup dan saling mengobrol lewat suara.
Pengguna yang berada di dalam ruang obrolan Spaces bisa mengundang pengguna lain lewat link khusus.
Terdapat pula admin ruang obrolan yang berhak menentukan pembicara dan pendengar.
Tak hanya itu, admin juga dapat mengeluarkan, hingga memblokir anggota dalam ruang obrolan.
Ya, secara mekanisme, Spaces sangat lah mirip dengan apa yang dimiliki oleh Clubhouse.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Undangan untuk Membuat Akun di Aplikasi Clubhouse
Baca Juga: 5 Hal Wajib Diketahui Tentang Clubhouse, Medsos Baru yang Lagi Laris
Namun, sebenarnya Twitter sudah mulai mengembangkan fitur Spaces sejak cukup lama.
Berdasarkan keterangan di situs resminya, Twitter telah meluncurkan Spaces ke sekolompok pengguna dalam skala kecil untuk uji coba.
Mereka ingin mempelajari dan mendapat feedback dari pengguna terkait fitur tersebut.
Akan tetapi, melejitnya Clubhouse membuat perusahaan bergegas untuk mepercepat pengembangannya.
Melansir Social Media Today, selama seminggu terakhir Twitter telah melakukan peningkatan di beberapa aspek.
Mulai dari User Interfaces (UI), tampilan baru untuk semua pembicara dan pendengar, serta penanda terhadap akun yang sedang berada di dalam ruang obrolan Spaces.
Twitter tampaknya cukup serius dapat menandingi kepopuleran Clubhouse dengan Spaces.
Walau secara mekanisme sama persis, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan.
Pembicara dalam satu ruangan Spaces dibatasi hingga 10 orang saja, namun untuk pendengar tidak ada batasan.
Baca Juga: Kominfo Ancam Akan Blokir Aplikasi Clubhouse, ini Penjelasannya!
Baca Juga: Selain Clubhouse, Ini 4 Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio
Kemudian, pengguna Twitter yang akunnya diprivate tidak bisa membuat ruang obrolan di Spaces.
Namun, mereka tetap bisa bergabung dalam ruang obrolan yang telah dibuat oleh pengguna lain.
Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui kapan fitur Spaces akan resmi dirilis ke publik.
Menurut kalian, mampukah Spaces menjadi pesaing untuk Clubhouse? (*)