Follow Us

Sempat Heboh, Google Hapus Tanda "SOS" di Pulau Laki Kepulauan Seribu

None - Kamis, 21 Januari 2021 | 21:14
Tangkapan layar titik S.O.S di Pulau Laki yang terlihat di Google Maps
(Google Maps)

Tangkapan layar titik S.O.S di Pulau Laki yang terlihat di Google Maps

Nextren.com - Pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh di perairan Kepaulauan Seribu, yang langsung disambut misi penyelamatan dan pencarian korban.

Beberapa saat lalu, netizen dibuat heboh dengan adanya tanda mirip SOS di Google Maps, setetelah peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air itu.

Sebuah tangkapan layar Google Maps dengan sebuah titik lokasi bertuliskan "S.O.S" yang berada di Pulau Laki, Kepulauan Seribu, beredar di media sosial.

Pulau ini berlokasi dekat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada awal Januari lalu.

Baca Juga: Google Maps Hadirkan Pembaruan Fitur Agar Lebih Akurat Tunjukan Lokasi

Warganet pun bertanya-tanya keberadaan dan makna dari titik lokasi yang bisa dimaknai sebagai tanda permintaan tolong (save our soul, SOS) tersebut.

Masyarakat pun berharap tanda tersebut berasal dari penumpang pesawat yang selamat. Dari penelusuran KompasTekno, tanda tersebut sudah tidak lagi ditemukan.

"Kami telah menghapus ikon di lokasi tersebut dari Google Maps," jelas perwakilan Google Indonesia ketika dihubungi, Rabu (20/1/2021).

Google mengatakan, berbagai data yang ditemukan di Google Maps berasal dari berbagai sumber, termasuk penyedia pihak ketiga, sumber publik, dan kontribusi pengguna.

Cara itu dilakukan demi memberikan pengalaman peta digital yang lebih komprehensif dan relevan.

"Tetapi kami menyadari bahwa mungkin sesekali ada ketidakakuratan yang dapat muncul dari salah satu sumber tersebut," imbuh Google.

Pengguna Google Maps bisa langsung melaporkan apabila menemukan data yang dirasa tidak tepat."

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest