Follow Us

Trafik Data Internet Indosat Ooredoo Naik 35 Persen Saat Tahun Baru

Wahyu Subyanto - Selasa, 05 Januari 2021 | 19:18
BTS Indosat
Indosat

BTS Indosat

Nextren.com – Masa liburan panjang akhir tahun 2020 selama Natal dan Tahun Baru, begitu panjang.

Dibarengi dengan kekhawatiran makin tingginya penularan Covid-19 dan pembatasan aktifitas oleh pemerintah, membuat penggunaan data internet masyarakat melonjak.

Seperti dilaporkan operator Indosat Ooredoo yang mencatat pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 35% pada 1 Januari 2021, dimana hingga 95% diklaim dapat terlayani di jaringan 4G.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, dalam keterangannya kepada Nextren (4/1) mengatakan “Kami bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan kami selama Natal dan Malam Tahun Baru, meskipun terjadi lonjakan trafik sebesar 35%."

Baca Juga: Sambut 5G di Indonesia Tahun 2023, TOWR Siapkan Jaringan Fiber Optic 34 Ribu Km

"Perluasan jaringan 4G kami, bersama dengan implementasi model operasi digital canggih yang telah kami mulai sejak pertengahan tahun 2020 adalah faktor pendukung lain yang menjamin pengalaman digital terbaik bagi pelanggan kami selama periode liburan ini,” tambah Medhat.

Saat perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, Indosat Ooredoo mencatat peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari ‘H’ masing-masing sebesar 25% (Natal) dan 35% (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal.

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota besar di Pulau Jawa sepe

Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.

Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) memastikan layanan digital lancar selama liburan, didukung pemantauan jaringan lewat teknologi AI (artificial inteligence)/ML (machine learning).

Melalui platform operasi digital baru, operasional jaringan Indosat Ooredoo lebih efisien dalam penyelesaian masalah dan menghadirkan pengalaman digital ke level tinggi untuk semua perangkat jaringan.

Baca Juga: Smartfren Umumkan Adanya Kenaikan Trafik 24 Persen dan Upaya Stabilkan Jaringan

Secara nasional hal ini tercermin dari pengurangan keluhan pelanggan hingga 65% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat dan terminal untuk memastikan pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang baik.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest