Follow Us

Alat Pengawas Pergerakan Suspek Covid-19 Buatan LIPI Mirip Smart Watch, Ketahuan Jika Dilepas Paksa

None - Rabu, 18 November 2020 | 13:00
Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2ET LIPI) meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for Covid-19).
(Humas Lipi)

Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2ET LIPI) meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for Covid-19).

Nextren.com - Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2ET LIPI) meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for Covid-19).

Kepala P2ET LIPI Budi Prawara menjelaskan, Si-Monic adalah sistem pengawasan individu bagi orang yang terkonfirmasi/suspek/kontak erat Covid-19, berbasis wearable device pertama di Indonesia.

Menurutnya, Si-Monic memiliki fungsi yang sangat penting dalam aspek pengawasan suspek Covid-19.

Baca Juga: FBI Ingatkan Ancaman Hacker Segera Terjadi Pada Rumah Sakit Saat Memerangi Pandemi Covid-19

Teknologi yang dibenamkan pada wearable device Si-Monic berupa Chip Bluetooth Low Energy (BLE) yang memiliki ID khusus dan terkoneksi dengan internet, via smartphone melalui aplikasi Si-Monic yang tersedia dan dapat diunduh di Play Store.

"Sehingga pemakainya akan selalu bisa dipantau melalui server terpusat," ucap Budi melalui Keterangannya, Rabu (18/11/2020).

Berdasarkan foto dari LIPI, Bentuk alat ini menyerupai jam tangan untuk memudahkan pemakaian bagi penggunanya.

Nantinya, pengawas akan mengetahui informasi pergerakan dan status pengguna apabila pengguna berusaha melepas paksa atau menonaktifkan perangkat dengan cara apapun, karena Si Monic akan selalu diperbaharui.

Menurut Budi, alat ini telah lolos uji laboratorium secara fungsional.

Guna mempercepat disfusi produk riset LIPI, alat ini dikerjasamakan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat (BP2D).

20 unit untuk wilayah Jabar

Saat ini P2ET LIPI sudah menyiapkan 20 unit wearable device Si-Monic yang siap digunakan oleh pasien positif Covid-19 di Jawa Barat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest