Nextren.com -Smartphone pastinya memiliki sebuah iklan untuk menarik konsumen.
Iklan tersebut harus dihadirkan dengan menarik, serta memperlihatkan fitur unggulan produk tersebut.
Tetapi terkadang iklan yang dihadirkan dengan cara yang salah.
Sehingga iklan terlihat begitu menggelikan dan terkesan gagal untuk menarik konsumen.
Baca Juga: Parah! Cuma Klaim Buat Iklan, Layanan Zoom Ternyata Tidak Pakai Enkripsi
Berikut ada lima iklan smartphone dengan kategori tersebut.
Windows Phone 7
Microsoft dalam menghadirkan Windows Phone 7 ke pasar menampilkan pentas tarian lagu Thriller dari Michael Jackson.
Menurut Android Authority, dalam pertunjukan tersebut menyiratkan pemakaman iPhone. Meski iPhone tidak mati sampai saat ini.
Pemasaran yang dilakukan tahun 2010 tersebut tidak lama Windows Phone malah berhenti berjalan.
Microsoft memutuskan untuk menghentikan pembaruan fitur untuk Windows 10 Mobile pada tahun 2017.
Dan secara resmi menghentikan platform tersebut pada awal tahun 2020.
Untungnya Microsoft tidak melakukan kesalahan yang sama kepada Galaxy Fold setelah hadirkan Surface Duo.
Baca Juga: Google Digugat Pemerintah AS, Dianggap Tidak Adil dan Berperilaku Ilegal Demi Iklan
iPhone 4
IPhone 4 memulai debutnya dengan desain baru pada tahun 2010, menggunakan komponen logam dan kaca belakang untuk tampilan yang agak berbeda.
Padahal bahan logam tidak bagus untuk konektivitas seluler.
Oleh karena itu, perusahaan menambahkan beberapa jeda dalam bingkai untuk meningkatkan penerimaan.
Baca Juga: Alternatif Beriklan Bagi UMKM Saat Pandemi Lewat Iklan Digital Telkomsel DigiAds
Sayangnya, tetap ada masalah yang ditemukan.
Pengguna hanya dengan memegang telepon biasanya sering alami panggilan terputus dan sinyal yang buruk.
Nokia Lumia 920
Nokia bisa dibilang perusahaan pertama yang menawarkan stabilisasi gambar optik (OIS) di smartphone.
Baca Juga: Meski Hape Biasa, Seri Nokia Ini Bisa WhatsApp Sampai YouTube Lho!
Inovasi itu dimulai dengan Lumia 920 pada tahun 2012.
Perusahaan tersebut bahkan memproduksi video yang menampilkan perekaman video yang halus saat merekam pengendara sepeda.
Ternyata Nokia menggunakan kamera DSLR yang dipasang di gimbal, bukan smartphone yang dipromokan.
Hal ini ditemukan karena adanya pantulan di dalam video.
Samsung Galaxy S4
Samsung memilih acara peluncuran bergaya teater untuk Galaxy S4.
Namun, keseluruhan acara menceritakan karakter menawan seperti pria yang membenci ibu mertuanya, wanita Brasil yang menarik dengan pacar backpacker yang menyeramkan, pemabuk dan cerita asmara ibu rumahtangga.
Kisah ini sangat mengutamakan wanita yang mungkin seharusnya tidak ditonjolkan pada acara besar.
Baca Juga: Diizinkan AS, Qualcomm Akan Beri Pasokan Chip 4G Saja ke Huawei
BlackBerry Z10
BlackBerry alami kesalahan pemasaran yang paling terkenal mungkin adalah iklan Superbowl 2013 untuk BlackBerry Z10.
Z10 adalah smartphone pertama yang menjalankan platform BlackBerry 10 yang berfokus pada sentuhan.
Namun promosi BlackBerry berfokus pada apa yang tidak bisa dilakukan Z10.
Baca Juga: Sistem Operasi BlackBerry Akan Dihentikan tahun 2022, Batal Comeback?
Di dalam video ditunjukan gesekan pada smartphone menyebabkan pemiliknya terbakar.
Hasil gesekan lainnya membuat pemilik mendapatkan kaki gajah.
Akhirnya, satu gesekan lagi mengubah truk tangki yang masuk menjadi ribuan bebek karet.
Konsep tersebut terdengar seperti sesuatu yang dimulai sebagai lelucon padahal Z10 dibuat dengan baik.
Baca Juga: Punya 8,2 Juta Pelanggan Aktif, MAXstream Belum Tergoda Taruh Iklan Ala YouTube
Smartphone ini sebagian besar didasari oleh UI berbasis gerakan, yang sebelumnya terlihat di perangkat MeeGo dan Palm, dan sekarang terlihat di Android dan iOS.
(*)