Follow Us

Begini Cara Teknologi AI Tokopedia Mendukung Pengalaman Pengguna di Platformnya

Zihan Fajrin - Senin, 05 Oktober 2020 | 22:05
START Summit Tokopedia membahas AI

START Summit Tokopedia membahas AI

Nextren.com - Era teknologi yang makin canggih membuat manusia menjadi mudah beraktivitas hanya dengan perangkat mereka.

Tokopedia melalui START Summit Extension kembali membicarakan teknologi dan kali ini ialah tentang Artificial Intelligence (AI), pada Selasa (29/9).

Pada sesi pertama, Irvan Bastian Arief, Ph.D., Head of Research Scientist Tokopedia menjelaskan tentang pengertian Artificial Intelligence.

Ia menjelaskan AI merupakan sebuah kecerdasan buatan yang dapat mengatur sebuah mesin, sehingga mesin tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia agar menjadi lebih efisien dan praktis.

Baca Juga: Inilah Cara Kepala Produk Tokopedia Perjuangkan Seller di Tengah Pandemi

Tokopedia diketahui sudah mengimplementasikan AI di dalam infrastruktur teknologi perusahaan, dan kedepannya akan menjadi perusahaan teknologi yang sepenuhnya didukung oleh Artificial Intelligence.

Dengan menggunakan AI, Tokopedia terus mengembangkan sistem dan fitur untuk dapat mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Beberapa fitur dan inovasi Tokopedia yang telah memanfaatkan teknologi AI adalah fitur ChatBot untuk layanan Tokopedia Care, Intelligent Search, TokoCabang, serta Fast Recommendations terhadap lebih dari 350 juta produk yang sesuai dengan minat dari setiap pengguna Tokopedia.

"Kecerdasan buatan adalah teori dan perkembangan dari sebuah sistem komputer yang mampu melakukan hal-hal yang biasanya memerlukan kemampuan dan otak manusia," ujar Irvan.

Baca Juga: Begini Asal Usul Teknologi Tokopedia Bisa Hadir Untuk Memuaskan Konsumennya

Artificial Intelligence sendiri terbagi kedalam beberapa stream, yaitu Robotics, Machine Learning, Computer Vision, Natural Language Processing, Knowledge Representation, dan yang terakhir adalah Recommendation System.

Penjelasan seputar Recommendation System disampaikan oleh Alim Kidar Hanif yang merupakan Data Scientist Tokopedia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest